Rini, Adelia Puspita Rini (2024) Peningkatan kemampuan literasi membaca siswa kelas iv sd negeri 008 balikpapan timur melalui program grup baca perpustakaan / Adelia Puspita Rini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Literasi membaca adalah kegiatan dimana seorang pembaca memproses makna dari bacaan yang dibacanya dan secara tidak langsung mengaitkan informasi yang diperolehnya untuk diaplikasikan dalam kehidupan pribadi sendiri. Hal ini disebabkan bahwasanya kegiatan membaca dapat memberikan manfaat yang bermakna untuk memperluas pengetahuan dan meningkatkan kemampuan dan keterampilan seseorang dalam suatu hal sebab dalam prosesnya membutuhkan upaya mempelajari informasi yang diperoleh untuk diaplikasikan dalam kehidupan. Mengetahui kondisi kemampuan literasi membaca yang dimiliki oleh siswa kelas IV SD Negeri 008 Balikpapan Timur mengetahui langkah pengimplementasian program Grup Baca Perpustakaan yang dilaksanakan di SD Negeri 008 Balikpapan Timur terhadap siswa kelas IV mengetahui upaya program Grup Baca Perpustakaan dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa kelas IV SD Negeri 008 Balikpapan Timur dan mengetahui hasil dari penerapan program Grup Baca Perpustakaan terhadap kemampuan literasi membaca siswa kelas IV SD Negeri 008 Balikpapan Timur adalah tujuan dari penelitian ini. Pendekatan campuran dengan bentuk rancangan Penelitian Tindakan Kelas digunakan sebagai metode penelitian ini. Data penelitian yang dikumpulkan berupa hasil wawancara terhadap guru kelas IV sebelum dan setelah pelaksanaan tindakan hasil pretes dan postes yang masing-masing terdiri dari 10 soal pilihan ganda dan pilihan ganda kompleks berjenis Asesmen Kompetensi Minimum Literasi hasil observasi pelaksanaan tindakan terhadap siswa dan penanggung jawab kegiatan dan dokumentasi gambar selama pelaksanaan tindakan serta berkas penunjang. Hasil penelitian yang diperoleh dari penerapan Grup Baca Perpustakaan untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa kelas IV berupa rata-rata nilai pada skor tes yang diperoleh siswa kelas IV yang mana sebelum dilaksanakan tindakan adalah sebesar 67 16 kemudian mulai meningkat pada akhir siklus I dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 72 91 dan terus mengalami peningkatan hingga memperoleh nilai rata-rata sebesar 82 08 pada akhir siklus II.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/307478 |
Actions (login required)
View Item |