Pengembangan emos (e-modul sains) materi sistem gerak pada manusia dengan penguatan karakter mandiri untuk siswa Kelas v Sekolah Dasar / Dhea Prisca Imanda Agnesa</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan emos (e-modul sains) materi sistem gerak pada manusia dengan penguatan karakter mandiri untuk siswa Kelas v Sekolah Dasar / Dhea Prisca Imanda Agnesa</p>

Agnesa, Dhea Prisca Imanda (2024) Pengembangan emos (e-modul sains) materi sistem gerak pada manusia dengan penguatan karakter mandiri untuk siswa Kelas v Sekolah Dasar / Dhea Prisca Imanda Agnesa</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

E-modul sains merupakan bahan ajar digital yang dirancang untuk mendukung proses pembelajaran pada muatan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Dalam konteks penelitian dan pengembangan (R amp D) ini menggunakan model ADDIE. Penelitian dan pengembangan ini fokus pada pengembangan bahan ajar e-modul sains untuk materi sistem gerak manusia khususnya untuk siswa kelas V SDN Bendo 01 Kota Blitar. Tujuan utama penelitian ini yaitu menghasilkan produk yang diakui valid oleh para ahli praktis dalam penggunaannya oleh guru dan peserta didik serta efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Hasil penilaian dari berbagai pihak menunjukkan bahwa e-modul sains materi sistem gerak pada manusia dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil rata-rata penilaian validasi diperoleh 97% dengan kategori sangat valid berdasarkan ahli materi ahli bahan ajar dan guru. Kemudian hasil uji kepraktisan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 98% dengan kategori sangat praktis menunjukkan bahwa e-modul dapat diimplementasikan dengan mudah dalam proses pembelajaran. Selain itu nilai N-Gain sebesar 0 59 yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Peningkatan nilai rata-rata dari 51 menjadi 80 menunjukkan efektivitas e-modul dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Dengan demikian e-modul sains dengan materi sistem gerak pada manusia dengan penguatan karakter mandiri sangat valid sangat praktis dan cukup efektif digunakan dalam meningkatkan kemandirian belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jan 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/307419

Actions (login required)

View Item View Item