Pengembangan media komik audio-visual pada mata pelajaran bahasa indonesia materi asal-usul makanan daerah di kelas 4 bagi siswa sdn bareng 1 malang / Olyvia Dwi Azizah Rahma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media komik audio-visual pada mata pelajaran bahasa indonesia materi asal-usul makanan daerah di kelas 4 bagi siswa sdn bareng 1 malang / Olyvia Dwi Azizah Rahma

Rahma, Olyvia Dwi Azizah Rahma (2023) Pengembangan media komik audio-visual pada mata pelajaran bahasa indonesia materi asal-usul makanan daerah di kelas 4 bagi siswa sdn bareng 1 malang / Olyvia Dwi Azizah Rahma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib ditempuh oleh siswa pada jenjang Sekolah Dasar hingga perguruan Tinggi. Bahasa Indonesia berperan sebagai bahasa pengantar dalam dunia pendidikan dan penting untuk diajarkan pada siswa sejak usia dini. Guna memaksimalkan ketercapaian tujuan pembelajaran guru dapat menggunakan media sebagai alat bantu selama proses belajar mengajar dengan disesuaikan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk media pembelajaran berbentuk komik audio-visual pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi asal-usul makanan daerah di kelas 4 Sekolah Dasar yang valid menurut ahli materi dan ahli media praktis dan menarik menurut pengguna (guru) serta menarik oleh pengguna (siswa). Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R amp D) dengan model penelitian ADDIE. Pengumpulan data diperoleh dari kegiatan observasi wawancara dokumentasi dan angket. Sedangkan jenis data pada penelitian ini yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil validasi ahli materi diperoleh kategori cukup valid dengan presentase 85% dan ahli media diperoleh kategori valid dengan presentase 95%. Hasil uji kepraktisan dan kemenarikan oleh guru pada uji skala micro berkategori praktis dengan presentase 95% serta guru pada uji skala macro berkategori praktis dengan presentase 98 3%. Hasil uji kemenarikan media oleh siswa pada uji skala micro berkategori sangat menarik dengan presentase 94 1% serta siswa pada uji skala macro berkategori sangat menarik dengan presentase 100%. Berdasarkan data tersebut media komik audio-visual yang telah dikembangkan layak digunakan oleh guru guna menarik minat dan antusias siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Nov 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/307264

Actions (login required)

View Item View Item