Pengaruh ekuitas merek terhadap loyalitas konsumen (studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang pengguna handphone Nokia) / Dini Oktapiany - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh ekuitas merek terhadap loyalitas konsumen (studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang pengguna handphone Nokia) / Dini Oktapiany

Oktapiany, Dini (2009) Pengaruh ekuitas merek terhadap loyalitas konsumen (studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang pengguna handphone Nokia) / Dini Oktapiany. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kata Kunci ekuitas merek loyalitas konsumen. Perkembangan teknologi pada saat ini berkembang cukup pesat salah satunya adalah perkembangan komunikasi. Perkembangan komunikasi berkembang dari alat komunikasi yang menggunakan telepon kabel beralih menjadi telepon selular (handphone) yang memiliki keunggulan dan kualitas yang hampir sama dengan telepon kabel bahkan malah melebihi telepon kabel tersebut. Handphone merupakan produk yang memiliki high technology dengan harga yang relative mahal sehingga didalam melakukan keputusan pembelian maka seorang konsumen akan memiliki keterlibatan yang tinggi. Perkembangan pasar Hanphone di Indonesia pada saat ini berkembang dengan cukup pesat hal ini ditandai dengan semakin banyaknya produsen handphone yang bermunculan yang memasarkan produknya salah satunya adalah Nokia. Nokia merupakan perusahaan Handphone yang berasal dari negara Finlandia. Salah satu cara didalam memenangkan persaingan pasar adalah dengan menggunakan ekuitas merek. Ekuitas merek dari sebuah produk memiliki peranan yang penting didalam mempengaruhi loyalitas konsumen demikian juga dengan ekuitas merek yang dimiliki oleh Handphone Nokia. Ekuitas merek merupakan seperangkat aset yang dimiliki oleh suatu merek atau perusahaan yang akan menjadi identitas dari sebuah produk atau perusahaan dan hal tersebut akan membedakannya dengan produk pesaing yang ada dipasar. Brand equity akan akan memberikan nilai tambah atau lebih terhadap sebuah merek produk apabila unsur-unsur yang ada didalam ekuitas merek produk tersebut dapat mewakili karakteristik produk dan karakteristik segmen pasar. Berdasarkan penjelasan diatas maka peneliti tertarik melakukan penelitian tentang Ekuitas Merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ekuitas Merek (X) yang terdiri dari kesadaran merek (X1) asosiasi merek (X2) persepsi kualitas (X3) dan loyalitas merek (X4 ) secara parsial maupun simultan terhadap Loyalitas Konsumen. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random Sampling yaitu menentukan sampel secara acak tanpa memperhatikan strata tertentu yang terdapat pada responden dimana jumlah sampel yang diambil sebanyak 99 orang konsumen (mahasiswa) yang menggunakan handphone Nokia di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dengan ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Skala yang digunakan adalah Skala Likert dengan 5 (lima) opsi pilihan jawaban. Untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS Versi 13.00. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kesadaran merek (X1 ) terhadap loyalitas konsumen pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang pengguna handphone Nokia. Tidak ada pengaruh yang signifikan antara asosiasi merek (X2 ) terhadap loyalitas konsumen pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang pengguna handphone Nokia. Tidak ada pengaruh yang signifikan antara persepsi kualitas (X3 ) terhadap loyalitas konsumen pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang pengguna handphone Nokia. Terdapat pengaruh yang signifikan antara loyalitas merek (X4 ) terhadap loyalitas konsumen pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang pengguna handphone Nokia. Terdapat pengaruh yang signifikan antara kesadaran merek (X1 ) asosiasi merek (X2 ) persepsi kualitas (X3 ) dan loyalitas merek (X4 ) terhadap loyalitas konsumen pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang pengguna handphone Nokia Dari hasil yang diperoleh dari penelitian ini penulis memberikan saran untuk perusahaan yaitu agar perusahaan dapat mempertahankan dan dapat mengelola dengan baik ekuitas merek handphone Nokia karena brand equity suatu produk dapat berubah dan dapat mempengaruhi loyalitas konsumen. Dalam mengelola brand equity dapat dilakukan dengan melalui media promosi terus melakukan inovasi terhadap produk dan peningkatan kualitas layanan pada Nokia Customer Service. Selain itu peneliti juga memberikan saran kepada peneliti selanjutnya agar menggunakan variabel bebas yang lain dan yang lebih banyak untuk mengetahui pengaruhpengaruh variabel ekuitas merek terhadap suatu produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30588

Actions (login required)

View Item View Item