Afrianingsih, Dinik (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis steam dengan metode brainstorming pada kegiatan menganalisis proses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan / Dinik Afrianingsih</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perangkat pembelajaran sangat penting dalam kegiatan menganalisis guna mencapai tujuan pembelajaran abad 21. Pendekatan STEAM dan metode brainstorming dapat mengembangkan kemampuan menganalisis. Penelitian bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran IPA (RPP dan LKPD) yang valid dan praktis pada kegiatan menganalisis dengan pendekatan STEAM bermetode brainstorming. Penelitian ini merupakan penelitian penggembangan yang diadaptasi dari 4-D (define design develop dan disseminate) namun tahap Disseminate tidak dilakukan. Data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik penelitian menggunakan wawancara dan angket. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara dan lembar angket. Teknik analisis data dengan mendeskripsikan kritik dan saran dari validator dan partisipan uji validitas dan uji kepraktisan. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Karangploso dengan partisipan guru IPA dan 30 peserta didik kelas IX. Hasil validasi produk RPP dan LKPD dinyatakan sangat valid dengan skor 87 05% dan 87 99%. Hasil uji kepraktisan guru pada produk RPP dan LKPD diperoleh skor 100% dan 100%. Hasil uji kepraktisan peserta didik pada LKPD sebesar 87 99%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/304979 |
Actions (login required)
View Item |