Pengembangan bahan ajar IPA model inkuiri terbimbing pada kegiatan menganalisis interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP/MTS / Ahmad Rizal Barozi Ilmi</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar IPA model inkuiri terbimbing pada kegiatan menganalisis interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP/MTS / Ahmad Rizal Barozi Ilmi</p>

Ilmi, Ahmad Rizal Barozi (2021) Pengembangan bahan ajar IPA model inkuiri terbimbing pada kegiatan menganalisis interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP/MTS / Ahmad Rizal Barozi Ilmi</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berpikir kritis termasuk sebuah kompetensi yang harus dimiliki oleh siswa abad 21. Data PISA 2018 dan data di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Peristiwa serta permasalahan yang terjadi pada sebuah ekosistem akan memotivasi siswa untuk melakukan sebuah pengamatan dan penyelidikan yang dengan berpikir kritis siswa bisa memperoleh pengetahuan barunya. Materi ini sering dianggap mudah oleh siswa. Namun kenyataannya ketika siswa diberikan sebuah soal yang agak sulit siswa yang mengerjakan dengan benar hanya sedikit. Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan bahan ajar IPA model inkuiri terbimbing pada kegiatan menganalisis interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP/MTs yang valid dan praktis digunakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R amp D) dengan model pengembangan 4D (define design develop disseminate). Tetapi dalam penelitian pengembangan ini tahap disseminate tidak dilaksanakan karena keterbatasan biaya waktu serta tenaga. Data penelitian didapatkan dari wawancara angket validasi ahli dan angket uji kepraktisan penggunaan bahan ajar. Subjek penelitian pengembangan ini adalah validator ahli guru IPA serta siswa SMPN 1 Dau yang sudah menempuh KD 3.7 dan 4.7 sebagai subjek uji kepraktisan. Hasil uji validasi diperoleh nilai validasi khusus buku siswa sebesar 92% nilai validasi umum buku siswa sebesar 99% nilai validasi khusus buku guru sebesar 100% dan nilai validasi umum buku guru sebesar 100%. Hasil uji kepraktisan buku guru mendapat nilai sebesar 98% dan uji kepraktisan buku siswa mendapat nilai sebesar 97%. Dari hasil persentase tersebut bisa disimpulkan bahan ajar yang peneliti kembangkan mempunyai kriteria yang sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304978

Actions (login required)

View Item View Item