Pengembangan media pembelajaran animasi STEM dengan <em>feedback</em> untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pemanasan global / Fitria Lafifa</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran animasi STEM dengan <em>feedback</em> untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pemanasan global / Fitria Lafifa</p>

Lafifa, Fitria (2021) Pengembangan media pembelajaran animasi STEM dengan <em>feedback</em> untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pemanasan global / Fitria Lafifa</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kemampuan berpikir kritis dibutuhkan untuk menghadapi abad ke-21. Data PISA 2018 menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Bumi mengalami peningkatan suhu sehingga memerlukan solusi untuk mengatasinya. Feedback diperlukan agar terjadi komunikasi dalam pembelajaran. Media pembelajaran animasi STEM dengan feedback dapat meningkatkan realitas dan keterlibatan siswa serta memudahkan siswa dalam memahami konsep dengan mengaitkan unsur STEM. Sehingga siswa memperoleh pengetahuannya secara mandiri terampil mengatasi masalah dan pembelajaran menjadi aktif. Penerapan media pembelajaran animasi STEM dengan feedback masih jarang digunakan untuk membangun kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengembangakan media pembelajaran animasi STEM dengan feedback untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pemanasan global yang layak. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dan model ADDIE 5 tahapan yaitu Analysis Design Development Implementation dan Evaluation. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi media materi dan keterbacaan. Hasil validasi dosen dan guru IPA menunjukkan rata rata persentase uji materi 95 1% dan media 94 3% dengan kriteria sangat layak. Persentase uji keterbacaan siswa memiliki nilai rata rata 81% dengan kategori sangat layak. Sehingga media aplikasi animasi STEM dapat digunakan untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada materi pemanasan global. Untuk peneliti mendatang direkomendasikan agar menggunakan produk sebagai media pembelajaran di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/304966

Actions (login required)

View Item View Item