Amellia, Vina (2021) Pengembangan bahan ajar berbasis explicit scientific inquiry instruction (esii) dan berorientasi kemampuan berpikir kritis pada topik tata surya / Vina Amellia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan zaman yang semakin modern menuntut manusia untuk memiliki keterampilan abad-21. Keterampilan abad ke 21 yang perlu dimiliki adalah keterampilan berpikir kreatif (creative thinking) berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and problem solving) berkomunikasi (communication) dan berkolaborasi (collaboration). Berdasarkan hasil studi PISA tahun 2018 diketahui Indonesia menduduki peringkat 72 dari 77 negara dengan skor literasi membaca berada pada peringkat 72 dari 78 negara pada skor literasi matematika dan peringkat 70 dari 78 negara pada skor literasi sains. Rendahnya skor tersebut salah satunya diakibatkan oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu cara untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis adalah dengan meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran melalui metodel pembelajaran Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII). Kegiatan belajar berbasis ESII dan berorientasi berpikir kritis dapat tercerminkan melalui bahan ajar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar tata surya berbasis Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII) dan berorientasi kemampuan berpikir kritis yang valid dan layak digunakan. Penelitian ini menggunakan adaptasi model penelitian dan pengembangan Four-D dengan tiga tahap yakni (1) pendefinisian (define) (2) perancangan (design) dan (3) pengembangan (develop). Tahap disseminate pada metode Four-D tidak dilakukan karena keterbatasan waktu penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kajian literatur dan angket. Instrumen pengumpulan data digunakan lembar panduan wawancara dan lembar angket. Uji validasi dilakukan oleh validator dosen diperoleh hasil persentase rata-rata total penilaian kevalidan produk sebesar 78 125% (valid). Uji kelayakan produk oleh guru IPA memperoleh hasil persentase rata-rata total sebesar 94 74% (sangat layak) dan hasil uji keterbacaan produk oleh siswa IPA memperoleh persentase rata-rata total sebesar 87 78% (sangat layak). Hasil tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis Explicit Scientific Inquiry Instructions (ESII) dan berorientasi kemampuan berpikir kritis dengan topik materi tata surya telah valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPA. Pada penelitian selanjutnya dapat dikembangkan bahan ajar IPA berbasis ESII dan berorientasi kemampuan berpikir kritis pada materi IPA lainnya selain Tata Surya serta penambahan fitur-fitur pendukung lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Dec 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/304924 |
Actions (login required)
View Item |