Rismawati, Meylinda Dwi Nawang (2021) Pengembangan media pembelajaran berbasis 3d hologram pada materi lapisan bumi kelas VII/AMP/MTS / Meylinda Dwi Nawang Rismawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Minat siswa pada pembelajaran IPA masih rendah. Hal tersebut karena siswa menganggap bahwa materi IPA sulit untuk dimengerti salah satunya pada materi Lapisan Bumi. Oleh karena itu dalam penyampaian materi Lapisan Bumi akan lebih efektif jika menggunakan media pembelajaran. Mengingat materi Lapisan Bumi memiliki karakteristik sulit diamati secara langsung maka membutuhkan media pembelajaran manipulatif yang mampu mewakiliki objek aslinya. Hologram merupakan media pembelajaran yang bersifat manipulatif sehingga sesuai dengan pembelajaran materi Lapisan Bumi. Berdasarkan latar belakang tersebut maka peneliti memutuskan untuk melakukan pengembangan media pembelajaran berbasis 3D pada materi Lapisan Bumi kelas VII SMP/MTs. Media yang dikembangkan selain hologram juga terdapat buku penunjang yang berperan sebagai pelengkap materi. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran hologram serta buku penunjang dan untuk mengetahui kevalidan dan kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan. Metode yang digunakan yaitu ADDIE oleh Lee Owen dimana prosedur pengembangan meliputi tahap analisis (analysis) desain (design) pengembangan (development) implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Penelitian ini diuji kelayakan oleh ahli materi media dan bahasa untuk mengetahui kualitas media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil rata-rata validasi materi memperoleh nilai 95 83% dengan kategori sangat layak. Hasil rata-rata validasi media memperoleh nilai 77 38% dengan kategori layak. Hasil rata-rata validasi bahasa memperoleh nilai 69 45% dengan kategori layak. Pada penelitian ini juga dilakukan uji kelayakan oleh guru IPA dan uji keterbacaan ke 25 siswa. Hasil rata-rata untuk uji kelayakan oleh guru IPA mempereoleh nilai 100% dengan kategori sangat layak. Hasil rata-rata untuk uji keterbacaan siswa memperoleh nilai 88 19% dengan kategori sangat layak. Maka secara keseluruhan media pembelajaran hologram yang disertai buku penunjang yang dikembangkan telah valid dan layak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/304897 |
Actions (login required)
View Item |