Fatika, Novilia Fajrin Nur (2021) Pengembangan bahan ajar suhu dan kalor berbasis Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII) yang berorientasi science process skills / Novilia Fajrin Nur Fatika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar suhu dan kalor berbasis Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII) yang dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R amp D) yang menerapkan model pengembangan ADDIE terdiri dari (1) analyze (analisis) (2) design (perancangan) (3) development (pengembangan) (4) implement (penerapan) dan (5) evaluation (evaluasi). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan angket. Kelayakan bahan ajar dinilai oleh para ahli IPA sedangkan keterbacaannya dinilai oleh siswa. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa skor rata-rata kelayakan tampilan dan kelengkapan bahan ajar adalah 87 5% (sangat layak) kelayakan kesesuaian materi adalah 92 85% (sangat layak) kelayakan relevansi sintaks dan aktivitas belajar siswa adalah 87 5% (sangat layak) dan kelayakan kebahasaan adalah 84 38% (sangat layak) dengan nilai rata-rata semua aspek adalah 88% (sangat layak). Sedangkan skor rata-rata keterbacaan bahan ajar adalah 88 19% (sangat layak). Artinya bahan ajar yang dikembangkan ldquo sangat layak rdquo untuk digunakan dalam pembelajaran IPA yang menempatkan keterampilan proses sains sebagai hasil belajar di samping pengetahuan ilmiah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/304856 |
Actions (login required)
View Item |