Fadhillah, Anisyah (2021) Pengembangan instrumen asesmen pemahaman konseptual pada materi zat aditif dan zat adiktif / Anisyah Fadillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fadhillah Anisyah. 2020. Pengembangan Instrumen Asesmen Pemahaman Konseptual pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif. Skripsi Prodi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sugiyanto S.Pd. M.Si. (II) Muhammad Fajar Marsuki S.Pd. M.Sc. Kata kunci instrumen asesmen pemahaman konseptual zat aditif zat adiktif Asesmen adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Secara umum instrumen asesmen dalam bentuk butir soal dibagi menjadi dua yaitu butir soal yang jawabannya disediakan (selected respons items) dan butir soal yang jawabannya tidak disediakan (constructed respons items). Tidak dapat dipungkiri bahwa jenis soal selected respons items memungkinkan adanya jawaban menebak (guessing) dari peserta didik. Jawaban menebak dari peserta didik tersebut tidak dapat memantau pemahaman peserta didik secara utuh. Untuk memantau jawaban peserta didik bukan dari hasil menebak maka dilakukan kendali berdasarkan jenis butir soal yang dikembangkan. Untuk itu dibutuhkan butir soal dengan aspek yang diukur adalah sama tetapi berbeda jenis susunannya dimana berbagai bentuk soal ini dapat memantau jawaban menebak dari peserta didik. Oleh karena itu dilakukan pengembangan instrumen asesmen dengan ragam soal selected respons items dan constructed respons items yang berkaitan dengan materi zat aditif dan zat adiktif. Produk penelitian pengembangan ini diharapkan dapat menjadi prototipe untuk instrumen asesmen pemahaman konseptual dan dapat memonitor jawaban menebak dari peserta didik. Rancangan penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D yakni tahap define (membatasi) design (merancang) develop (mengembangkan) dan disseminate (menyebarkan). Namun tahap yang dilakukan pada pengembangan ini adalah sampai tahap D yang ketiga yaitu mengembangkan tidak melakukan D yang keempat dan tidak dilakukan uji coba terbatas kepada peserta didik tetapi dilakukan penyebaran angket kepraktisan kepada siswa dan guru. Tingkat validitas hasil pengembangan instrumen asesmen di validasi isi dan tingkat kepraktisan produk melalui penyebaran angket kepada guru dan siswa. Validasi dilakukan oleh validator ahli materi yaitu dosen prodi pendidikan IPA FMIPA UM dan penyebaran angket kepraktisan kepada 10 orang siswa dan 3 orang guru IPA. Analisis validitas instrumen dari validator dan analisis angket kepraktisan dilakukan dengan teknik persentase. Instrumen asesmen hasil pengembangan terdiri dari 11 indikator pencapaian kompetensi dasar satu indikator pencapaian kompetensi dasar terdiri dari tiga tujuan sehingga memiliki 33 tujuan yang satu tujuannya terdapat 3 butir indikator soal keseluruhan terdapat 99 paket soal dan yang diambil sampel validasi 18 paket soal. Setiap paket soal terdiri dari empat jenis soal yakni benar - salah pilihan tunggal hubungan antar hal dan jawaban singkat. Instrumen asesmen yang dikembangkan mencakup materi zat aditif dan zat adiktif serta dampaknya terhadap kesehatan. Kelayakan produk instrumen asesmen ini terdapat 2 kelayakan yaitu dari validator dan dari angket kepraktisan pengguna oleh guru dan siswa. Tingkat validitas instrumen asesmen hasil pengembangan dari validator adalah valid (skor 85 35%) dan tingkat validitas kepraktisan pengguna oleh guru adalah sangat valid (skor 98 61%) serta tingkat validitas kepraktisan oleh siswa adalah sangat valid (skor 95 55%). Jadi instrumen asesmen ini layak digunakan sebagai sebuah prototipe instrumen asesmen pemahaman konseptual dan dapat memonitor jawaban menebak dari peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Feb 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/304854 |
Actions (login required)
View Item |