Fatimah, Hikmah (2021) Pengembangan bahan ajar ukbm berbasis pbl pada materi sistem peredaran darah berorientasi berfikir kritis siswa / Hikmah Fatimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan literasi sains Indonesia tergolong rendah dengan skor 389. Literasi sains dapat menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Untuk meningkatkan literasi sains dapat dilakukan dengan melakukan inovasi pada perangkat pembelajaran. UKBM sebagai salah satu unit perangkat pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam mencapai ketuntasan. UKBM disusun berbasis PBL pada materi sistem peredaran darah. UKBM dapat digunakan siswa dalam pembelajaran untuk memperkaya pengetahuannya dengan berorientasi pada kemampuan berpikir kritis. Model yang digunakan dalam penelitian adalah ADDIE(Analysis Design Development Implementation dan Evaluation). Penelitian dilaksanakan saat pandemi virus Covid-19 sehingga tidak dilakukan uji keefektifan. Validitas UKBM diperoleh melalui validasi pada dosen Prodi Pendidikan FMIPA UM dan guru pengampu mata pelajaran IPA di SMPN 8 Malang. Uji keterbacaan dilaksanakan pada 31 siswa SMPN 8 Malang kelas 9E dan 9F yang telah mendapatkan materi sistem peredaran darah. Persentase kevalidan produk UKBM sebesar 85 41% dan persentase uji keterbacaan sebesar 87 98%. Berdasarkan hasil tersebut makaUKBM berbasis PBL pada materi sistem peredaran darah yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis valid dan lulus uji keterbacaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/304841 |
Actions (login required)
View Item |