Pengaruh penayangan iklan di televisi terhadap pembentukan citra produk (studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Aditha Dwi Putriyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penayangan iklan di televisi terhadap pembentukan citra produk (studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Aditha Dwi Putriyanti

Aditha Dwi Putriyanti (2009) Pengaruh penayangan iklan di televisi terhadap pembentukan citra produk (studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Aditha Dwi Putriyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perusahaan harus memperhatikan cara merancang pesan dalam iklan untuk mencapai hasil yang diinginkan untuk memformulasikan pesan dalam bentuk iklan memerlukan pemecahan atas empat masalah (1) Apa yang harus dikatakan (isi pesan) (2) bagaimana mengatakannya secara logis (struktur pesan) (3) bagaimana mengatakannya secara simbolis (format pesan) dan (4) siapa seharusnya yang mengatakaanya (sumber pesan). Keempat hal tersebut haru dibuat semenarik mungkin dengan harapan perusahaan bisa mempengaruhi citra dan perilaku konsumen yang dituju. Teknik pengambilan sampel yang dipakai dalam penelitian adalah purposive sampling digunakan untuk pengambilan sampel yang dilakukan berdasarkan kriteria tertentu yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang melihat atau pernah melihat iklan Citra White Lotion di televisi dengan jumlah sampel penelitian yaitu sebanyak 73 responden. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut secara parsial variabel isi pesan struktur pesan format pesan dan sumber pesan berpengaruh signifikan terhadap pembentukan citra produk Citra White Lotion pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan variabel isi pesan struktur pesan format pesan dan sumber pesan terhadap pembentukan citra produk Citra White Lotion pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Berdasarkan hasil sumbangan efektif masing-masing variabel bebas maka dapat disimpulkan bahwa variabel isi pesan merupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap pembentukan citra produk Citra White Lotion. Beberapa saran yang dapat diajukan yaitu diharapkan perusahaan untuk lebih memperhatikan fokus atau isi pesan yang akan disampaikan. Perusahaan diharapkan untuk menyampaikan pesan dengan menggunakan model iklan yang menarik dan penyampaian pesan iklan yang mudah dipahami. Diharapkan dalam penayangan iklan khususnya di media televisi dilakukan secara terus-menerus dengan selalu memperhatikan isi pesan yang disampaikan struktur penyajian format pesan dan menampilkan model-model iklan yang benar-benar memiliki nama yang terkenal di masyarakat. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menyempurnakannya yaitu dengan melakukan penambahan jumlah sampel penelitian dan melakukan penelitian atas media iklan yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30210

Actions (login required)

View Item View Item