Perbandingan pembelajaran microlearning menggunakan sosial media instagram dan facebook untuk meningkatkan penguasaan materi dasar pemrograman komputer siswa SMK / Aldi Armanzah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan pembelajaran microlearning menggunakan sosial media instagram dan facebook untuk meningkatkan penguasaan materi dasar pemrograman komputer siswa SMK / Aldi Armanzah</p>

Armanzah, Aldi Armanzah (2023) Perbandingan pembelajaran microlearning menggunakan sosial media instagram dan facebook untuk meningkatkan penguasaan materi dasar pemrograman komputer siswa SMK / Aldi Armanzah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran semester ganjil tahun 2022 dilakukan secara luring dengan waktu 10 jam pelajaran dengan jumlah siswa sebanyak 100%. Pembelajaran ini juga harus didukung dengan alat bantu yang layak seperti misalnya smartphone dan laptop. Permasalahan pada tiga sekolah SMK di Kota Malang adalah metode pembelajaran yang kurang menarik penyampaian materi dengan bahasa yang sulit sulitnya siswa bertanya kepada pengajar terdapat beberapa pengajar memberikan materi melalui LMS tanpa penjelasan dan juga teori konsep yang terlalu banyak. Microlearning dapat diterapkan pada media sosial contohnya menggunakan media sosial Facebook dan Instagram dengan beberapa postingan di timeline. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan menggunakan data kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa uji validitas isi uji validitas butir soal uji reabilitas uji daya beda dan uji tingkat kesukaran yang dianalisis dengan uji normalitas uji homogenitas dan uji Mann Whitney Penelitian ini dilaksanakan pada semester Genap tahun ajaran 2021/22 di SMKN 5 Malang kelas X PPLG. Hasil dari penelitian ini yaitu media sosial Instagram yang diterapkan pada X PPLG 1 memiliki kenaikan rata rata lebih tinggi dari pada media sosial Facebook yang diterapkan pada X PPLG 2. Untuk nilai rata rata media pembelajaran menggunakan media sosial Instagram terdapat kenaikan sebanyak 39% sedangkan media sosial Facebook terdapat kenaikan sebanyak 26% sehingga media pembelajaran menggunakan Instagram lebih baik dari pada Facebook dalam meningkatkan penguasaan materi dasar-dasar PPLG siswa SMKN 5 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Apr 2023 04:29
Last Modified: 24 Sep 2024 01:17
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/301745

Actions (login required)

View Item View Item