Muhammad Aftasun (2021) Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas xi iis 3 sma negeri 1 kepanjen kabupaten malang / Muhammad Aftasun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Aftasun Muhammad. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing Ro rsquo ufah Inayati S.Pd M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran Problem Based Learning Keaktifan Hasil Belajar . Pembelajaran merupakan proses yang dilaksanakan untuk mencapai tujuan dalam belajar. Proses pembelajaran diharuskan memakai model pembalajaran yang dianggap sesuai dengan karakteristik siswa materi dan tujuan pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif yang tepat dan sesuai dengan materi akan menjadikan siswa lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Siswa juga mudah memahami materi pelajaran yang disampaikan guru sehingga siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran serta hasil belajar siswa pun bisa meningkat. Berdasarkan observasi pada kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kepanjen menunjukkan proses pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dan hasil belajar rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut penyelesaian yang dapat dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan 2 siklus setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yakni perencanaan pelaksanaan pengamtan dan refleksi. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kepanjen dengan jumlah 36 siswa. Instrument penelitian ini adalah catatan lapangan soal tes lembar observasi dan lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Presentase ketuntasan hasil belajar pada siklus 1 sebesar 58 3% dengan jumlah siswa tuntas 21 orang sedangkan siswa belum tuntas 15 orang. Siklus II sebesar 83 3% dengan jumlah tuntas 30 orang sedangkan siswa belum tunta 6 orang. Hal ini dapat disimpulkan bahwa presentase ketuntasan hasil belajar dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan sebesar 25%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/300617 |
Actions (login required)
View Item |