Peran serta guru dan orang tua untuk mengurangi perilaku agresif non verbal siswa tunagrahita melalui metode role playing / Dinda Karima - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran serta guru dan orang tua untuk mengurangi perilaku agresif non verbal siswa tunagrahita melalui metode role playing / Dinda Karima

Karima, Dinda Karima (2021) Peran serta guru dan orang tua untuk mengurangi perilaku agresif non verbal siswa tunagrahita melalui metode role playing / Dinda Karima. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Karima Dinda. 2020. Peran Serta Guru dan Orang Tua untuk Mengurangi Perilaku Agresif Non Verbal Siswa Tunagrahita melalui Metode Role playing. Skripsi. Program Pendidikan Luar Biasa Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M. Efendi M.Pd M.Kes (II) Dr. Sulthoni M.Pd. Kata Kunci Agresif Tunagrahita Metode Role Playing. Perilaku agresif masih menjadi salah satu masalah yang mempengaruhi hubungan intrapersonal dan interpersonal di SLB Negeri Batu. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengidetifikasi masalah pada anak dengan perilaku agresif non verbal dan peran yang dapat dilakukan guru dan orang tua untuk mengatasi perilaku tersebut. Pembelajaran pada siswa tunagrahita seringkali mengalami kendala kendala tersebut salah satunya berasal dari perilaku agresif non verbal yang berdapak pada proses pembelajaran di kelas. Sehingga diperlukan metode yang sesuai dengan karakteristik siswa tunagrahita. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti melakukan penelitian mengenai upaya mengurangi perilkau agresif non verbal dengan menggunakan metode role playing Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data berupa pendapat guru dan orang tua tentang estimasi keberhasilan dari penggunaan metode role playing dalam rangka mengurangi perilkau agresif non verbal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam proses pengumpulan data instrumen yang dipilih peneliti adalah wawancara .Wawancara dilakukan kepada 2 guru dan orang tua subjek bersekolah di SLB Negeri Kota Batu Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengggunaan metode role playing sebagai modifikasi perilaku siswa tunagrahita sesuai dengan anak.Guru menilai upaya mengurangi perilaku agresif non verbal dengan metode role playing efektif dalam membantu siswa mengurangi perilaku agresif nya.. Kesimpulan dari penelitian ini penerapan metode role playing sebagai upaya yang dilakukan guru dan orang tua untuk mengurangi perilaku agresid non verbal pada tunagrahita jika didukung oleh beberapa upaya. Misalanya adanya sekesuain tujuan dan perlakukan anatara di sekolah dan di rumah guru dan orang tua memahami karakter siswa dan menguasai langkah dan cara dalam menerapkan metode role playing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295837

Actions (login required)

View Item View Item