Pengembangan komik digital pada muatan pendidikan pancasila materi hak dan kewajiban untuk siswa kelas iv sekolah dasar / M. Dandy Alfianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan komik digital pada muatan pendidikan pancasila materi hak dan kewajiban untuk siswa kelas iv sekolah dasar / M. Dandy Alfianto

Alfianto, M. Dandy Alfianto (2023) Pengembangan komik digital pada muatan pendidikan pancasila materi hak dan kewajiban untuk siswa kelas iv sekolah dasar / M. Dandy Alfianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Beragamnya permasalahan yang ditemukan pada SDN Madyopuro 5 SDN Sawojajar 1 dan SDN Lesanpuro 4 membuat pembelajaran yang dilaksanakan tidak berjalan maksimal. Kendala yang dialami oleh ketiga SD tersebut yaitu kurang beragamnya media yang digunakan. Hanya mengandalkan buku dan sesekali menggunakan power point sehingga siswa kurang fokus dan merasa bosan terutama memahami materi pada muatan Pendidikan Pancasila yang tidak terfokus pada pemahaman materi saja melainkan pemahaman konsep untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berangkat dari permasalahan yang ada maka peneliti mengembangkan media pembelajaran komik digital yang valid menurut ahli media ahli materi dan pengguna (guru) serta praktis menarik dan bermanfaat bagi siswa. Penelitian dan Pengembangan komik digital dilaksanakan dengan tahapan penelitian dan pengembangan dari model ADDIE yang diadaptasi dari Rayanto amp Sugiyanti (2020) dengan lima tahapan meliputi Analysis (Analisis) Design (Desain) Development (Pengembangan) Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Hasil perolehan data kuantitatif dari kevalidan menurut ahli materi sebesar 93 75% (sangat valid) ahli media sebesar 93 75% (sangat valid) pengguna (guru) 1 sebesar 91 66% dan pengguna (guru) 2 sebesar 91 66% dengan hasil persentase dari validasi pengguna sebesar 91 66% (sangat valid). Selanjutnya untuk kepraktisan kemenarikan dan kemanfaatan media diujikan melalui uji coba kelompok kecil dengan persentase sebesar 99 00% sedangkan untuk uji coba kelompok besar memperoleh persentase sebesar 96 00%. Dengan keputusan dari uji kepraktisan kemenarikan dan kemanfaatan komik digital dapat dikatakan sangat praktis sangat menarik dan bermanfaat bagi siswa Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa komik digital dapat dikatakan sangat valid menurut ahli materi ahli media dan pengguna (guru) serta sangat praktis menurut siswa sangat menarik menurut siswa dan produk bermanfaat untuk siswa sehingga produk layak digunakan dalam pembelajaran. Sebaiknya komik digital dapat ditepakan pada lingkup yang lebih luas bukan hanya pada satu kelas atau satu tingkatan melainkan pada kelas dengan tingkatan yang berbeda dan diterapkan pada sekolah lain dengan kondisi serta karakteristik siswa yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:29
Last Modified: 24 Sep 2024 08:34
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/295025

Actions (login required)

View Item View Item