Pengembangan modul administrasi umum berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Nida Khoiriya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul administrasi umum berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Nida Khoiriya

Khoiriya, Nida (2019) Pengembangan modul administrasi umum berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Nida Khoiriya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Khoiriya Nida. 2019. Pengembangan Modul Administrasi Umum Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X OTKP Di SMK Muhammadiyah 3 Singosari). Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Drs. H. Moh. Arief M.Si Kata Kunci Modul pembelajaran guided inquiry hasil belajar. Penelitian pengembangan ini didasari oleh terbatasnya bahan ajar Mata Pelajaran Administrasi Umum. Kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa bahan ajar Administrasi Umum masih terbatas sumber yang digunakan dalam pembelajaran masih belum lengkap serta keaktifan siswa dalam proses pembelajaran juga masih rendah. Salah satu penyebab rendahnya keaktifan siswa adalah kurangnya bahan ajar yang disusun secara sistematis dan menarik bagi siswa. Pembelajaran Administrasi Umum dengan menggunakan modul berbasis guided inquiry diharapkan dapat membuat siswa dapat memahami materi aktif serta dapat berfikir secara kritis dan analitis. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Menghasilkan bahan ajar berupa modul mata pelajaran Administrasi Umum pada materi Menerapkan Penataan Surat/Dokumen untuk kelas X SMK Administrasi Perkantoran (2) mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam ranah kognitif melalui kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian pengembangan ini menggunakan rancangan model 4D Thiagarajan dkk yang terdiri dari empat tahap yaitu mendefinisikan (define) merancang (design) mengembangkan (develop) dan menyebarluaskan (dessiminate). Validasi dilakukan oleh dosen Jurusan Manajemen Program Studi Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang sebagai validator ahli modul guru mata pelajaran Administrasi Umum SMK Muhammadiyah 3 Singosari sebagai validator ahli materi serta 6 siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 3 Singosari sebagai subjek uji coba. Produk yang dikembangkan berupa modul Administrasi Umum berbasis Guided Inquiry untuk kelas X OTKP pada materi Menerapkan Penataan Surat/Dokumen. Sajian dan analisis data pada penelitian ini dibedakan menjadi empat aspek yaitu (1) aspek kelayakan isi (2) aspek kelayakan penyajian (3) aspek kelayakan bahasa (4) aspek kelayakan kegrafikan. Berdasarkan angket validasi modul diperoleh data bahwa modul yang dihasilkam valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil post test siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan kelas kontrol. Persentase kelas eksperimen menunjukkan 81% sedangkan kelas kontrol 72%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan modul dapat meningkatkan hasil belajar siswa. v Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) pemanfaatan bagi siswa untuk terlebih dahulu mempelajari materi yang terdapat dalam modul di rumah. Hal ini bertujuan agar penggunaan modul Administras Umum berbasis guided inquiry dapat diterapkan dengan baik. Selain itu ketika menggunakan modul sebaiknya siswa mengikuti petunjuk penggunaan modul. Apabila terdapat hal-hal yang belum dimengerti dapat menanyakan kepada guru mata pelajaran yang bersangkutan (2) saaran pemanfaatan bagi guru untuk menggunakan modul Administrasi Umum berbasis guided inquiry beserta buku pegangan guru dalam proses pembelajaran di kelas. Apabila terdapat hal-hal yang kurang dipahami oleh siswa guru siap membantu sehingga guru diharapkan untuk memahami materi yang dikembangkan dalam modul ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29429

Actions (login required)

View Item View Item