Strategi kerja sama sekolah dengan lembaga bahasa asing luar negeri dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran bahasa asing (studi kasus di sman 1 malang) / Nur Anisatussholihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi kerja sama sekolah dengan lembaga bahasa asing luar negeri dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran bahasa asing (studi kasus di sman 1 malang) / Nur Anisatussholihah

Anisatussholihah, Nur Anisatussholihah (2023) Strategi kerja sama sekolah dengan lembaga bahasa asing luar negeri dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran bahasa asing (studi kasus di sman 1 malang) / Nur Anisatussholihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan bahasa asing yang ada di sekolah menengah merupakan bagian dari salah satu bentuk pendidikan dan pelatihan yang sifatnya eksklusif dan mengandung sejumlah kompetensi atau bermacam-macam kompetensi yang diberikan di dalam program bahasa asing. Studi bahasa asing ini untuk menyiapkan para peserta didik agar mereka mampu berkontribusi dan beradaptasi dengan dunia modern. Semakin dibutuhkannya kecakapan dalam berkomunikasi. Tetapi di sisi lain hasil dari pembelajaran bahasa Asing di sekolah masih menjadi persoalan. Hal tersebut dikarenakan nilai yang diperoleh oleh peserta didik di tingkat SMA selama berjalannya tahun masih menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Demikian juga dengan kecakapan komunikasi lisan para-alumni yang juga dinilai belum memuaskan. Sehingga diperlukan suatu inovasi yang bijaksana mendetail dan strategi yang tepat dalam mengatasi permasalahan tersebut. Namun terkait hal tersebut masih belum banyak sekolah yang telah menemukan suatu inovasi yang tepat untuk memperbaiki pelaksanaan pembelajaran bahasa asing agar mampu berjalan optimal. Di SMAN 1 Malang terdapat peminatan bahasa. Terkait dengan peminatan bahasa sekolah menjalin kerja sama dengan institut atau lembaga bahasa asing dari luar negeri. Di Kota Malang dapat diketahui bahwa banyak SMA tidak menjalin kerja sama dengan lembaga bahasa luar negeri meskipun di sekolah tersebut juga terdapat peminatan bahasa asing. Kerja sama tersebut dimaksudkan untuk mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran bahasa asing. Program kerja sama internasional yang terjalin oleh sekolah dan lembaga bahasa luar negeri ialah berupa sekolah yang menjalin kerja sama dengan lembaga yang bernama PASCH (Partner Schule) atau disebut Sekolah Mitra Menuju Masa Depan. PASCH berada dalam naungan lembaga bernama Goethe Institut. Tujuan dari Penelitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan latar belakang program kerja sama SMAN 1 Malang dengan lembaga bahasa asing luar negeri 2) Mendeskripsikan program kerja sama 3) a. Mendeskripsikan proses pengelolaan dalam kerja sama b. mendeskripsikan SDM dan pendanaan dalam kerja sama 4) Mendeskripsikan strategi optimalisasi pengelolaan kerja sama dan 5) Mendeskripsikan hasil strategi optimalisasi dari pengelolaan dalam kerja sama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Penelitian ini telah dilakukan dengan melewati beberapa tahapan. Proses yang ditempuh pada penelitian ini meliputi pra lapangan pekerjaan lapangan analisis data dan penafsiran. Kehadiran peneliti bersifat sangat krusial di dalam penelitian. Disebut demikian karena peneliti memiliki peran sebagai instrumen penelitian. Peneliti datang ke lapangan guna melakukan kontak langsung dengan subjek penelitian. Lokasi penelitian di SMAN 1 Malang. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang berupa wawancara observasi serta studi dokumenter. Peneliti telah menggunakan wawancara secara langsung dengan informan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan wawancara/interview semi terstruktur. Peneliti telah melakukan observasi terkait kegiatan yang dilaksanakan oleh pihak yang terlibat dalam kerja sama sekolah dengan lembaga bahasa luar negeri. Selain itu peneliti juga telah melakukan pengamatan terkait pelaksanaan program kegiatan dan pembelajaran bahasa asing di sekolah. Peneliti melakukan dokumenter terhadap kegiatan yang dilaksanakan serta mengakumulasikan data pendukung seperti foto video maupun dokumen. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengecekkan keabsahan data berupa keuletan atau ketekunan observasi/pengamatan triangulasi pengecekkan anggota penulisan laporan yang lengkap yaitu thick description serta teknik penelusuran audit (audit trail). Pada penelitian ini peneliti memakai teknik analisis data menurut Miles dkk (2014) berbentuk model interaktif. Sehingga analisis data telah melewati beberapa tahap diantaranya pengumpulan data kondensasi data penyajian data serta penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan analisis data maka hasil penelitian ini adalah (1) latar belakang jalinan kerja sama sekolah dengan lembaga bahasa asing luar negeri (PASCH) yaitu SMAN 1 Malang sebagai sekolah yang menyediakan program bahasa terdapat guru bahasa Jerman kelas bahasa tergolong besar dan menonjol serta didukung infrastruktur sekolah sehingga terdapat inisiasi dari Kementerian Luar Negeri Jerman (2) program kerja sama terdiri dari program untuk guru program untuk peserta didik dan fasilitas dari PASCH (3) Proses pengelolaan terdiri dari perencanaan berupa perumusan tujuan kesepakatan MoU dan penetapan program kegiatan PASCH. Pelaksanaan didasarkan atas MoU dengan melaksanakan program kegiatan. Pada pelaksanaan program tersebut dikoordinasikan oleh guru dan waka kemudian memberitahukan kepada pihak yang dituju sehingga dapat ikut serta pada program. Evaluasi dilakukan oleh pihak sekolah dan PASCH Goethe Institut pada pertemuan tahunan yang membahas evaluasi proses yang terjadi evaluasi tentang keberhasilan. Kemudian dilakukan evaluasi pengelolaan kerja sama. Setelah itu pelaksanaan tindak lanjut. Pengelolaan kerja sama terkait SDM yang terlibat yaitu pihak PASCH dan pihak sekolah. Pihak sekolah yang terlibat yaitu kepala sekolah waka humas waka kesiswaan waka sarpras guru mata pelajaran lain dan peserta didik. Pendanaan bersumber dari Kementerian Luar Negeri Jerman sekolah dan peserta didik yang dialokasikan untuk program kegiatan (4) strategi optimalisasi dari pengelolaan kerja sama terdiri dari terdapat kewajiban kelas 10 memilih salah satu ekstrakulikuler bahasa asing strategi mengoptimalkan SDM pendanaan proses pengelolaan strategi konsistensi kerja sama dan strategi pemanfaatan fasilitas yang diperoleh (5) hasil strategi optimalisasi pengelolaan kerja sama berupa kerja sama terus berlanjut keterlibatan aktif pihak sekolah semakin banyak peserta didik yang mempelajari bahasa Jerman dan aktif dalam kegiatan meningkatkan kemampuan berbahasa Jerman perolehan prestasi peserta didik dan semakin banyak peserta didik yang tertarik dengan pembelajaran dan program bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/293860

Actions (login required)

View Item View Item