Rahmawati, Dila (2018) Aplikasi typing master untuk meningkatkan keterampilan mengetik 10 jari pada mata pelajaran teknologi perkantoran (studi pada siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Dila Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rahmawati Dila. 2018. Aplikasi Typing Master untuk Meningkatkan Keterampilan Mengetik 10 jari pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran (Studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 3 Singosari) . Sarjana Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto M.Ed. M.M. Kata Kunci Aplikasi Typing Master Keterampilan Mengetik 10 jari. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Teknologi Perkantoran menunjukkan bahwa hampir semua siswa kelas X APK lemah dalam keterampilan mengetik. Hal itu dibuktikan juga dengan hasil penelitian sebelum tindakan menunjukkan bahwa siswa kelas X APK 2 yang berjumlah 34 siswa sebanyak 25 siswa (74%) belum mencapai target ketuntasan kecepatan mengetik dengan standar 100 kpm dan sebanyak 28 siswa (82%) belum mencapai target ketuntasan ketepatan mengetik dengan standar ketepatan mengetik 95%.Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan mengetik 10 jari siswa kelas X APK 2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari dengan menggunakan aplikasi typing master dalam proses pembelajaran mengetik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas subjek penelitian ini siswa kelas X APK 2 SMK Muhammadiyah 3 Singosari yang berjumlah 34 siswa. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah keterampilan mengetik 10 jari yang meliputi aspek kecepatan dan ketepatan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara observasi dokumentasi catatan lapangan dan tes. Intrumen yang digunakan adalah instrument tes dan instrumen non tes (lembar wawancara dan lembar observasi). Analisis data ini menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada peningkatan keterampilan mengetik 10 jari dengan menggunakan aplikasi typing master pada kelas X APK 2. Pada siklus I diperoleh rata-rata aspek kecepatan sebesar 110 6 kpm dengan ketuntasan sebesar 47% dan pada aspek ketepatan diperoleh rata-rata 93 8% dengan ketuntasan 47%. Pada siklus II rata-rata kecepatan mengetik meningkat menjadi 129 5 kpm dengan ketuntasan sebesar 76% dan rata-rata ketepatan mengetik meningkat menjadi 96% dengan ketuntasan sebesar 82%. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa dengan menggunakan aplikasi typing master maka keterampilan mengetik 10 jari siswa mengalami peningkatan. Persentase keterampilan mengetik 10 jari mengalami peningkatan dari siklus I hingga siklus II. Sehingga pada siklus II dari 34 siswa kelas X APK 2 28 siswa terampil dan 6 siswa tidak terampil pada aspek ketepatan. Pada aspek kecepatan 26 siswa terampil dan 8 siswa tidak terampil. Sehingga guru dapat melanjutkan pembelajaran yang dilakukan pada tahun ajaran selanjutnya dengan menggunakan aplikasi typing master dalam pembelajaran mengetik. Siswa diharapkan tidak hanya mengutamakan kecepatan pada saat mengetik tetapi memperhatikan posisi jari dengan baik saat menghentak tuts sesuai dengan fungsinya. ix
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29309 |
Actions (login required)
View Item |