Ramadhan, Mokhammad Afrizal (2017) Analisis kompetensi profesional guru pada aspek pengembangan materi melalui pemanfaatan bahan ajar dan model pembelajaran kreatif (studi pada guru Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Mokhammad Afrizal Ramadhan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ramadhan Mokhammad. Afrizal. 2017. Analisis Kompetensi Profesional Guru Pada Aspek Pengembangan Materi Melalui Pemanfaatan Bahan Ajar dan Model Pembelajaran Kreatif (Studi Pada Guru Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Skripsi Progam Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Sutrisno M.M. Kata Kunci Kompetensi Profesional Guru Pengembangan Materi Kompetensi profesional merupakan salah satu kemampuan yang berkaitan dengan penguasaan materi pembelajaran bidang studi secara luas dan mendalam yang mencakup penguasaan substansi keilmuan yang menaungi materi kurikulum tersebut serta menambah wawasan keilmuan sebagai guru. Aspek kompetensi profesional berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 tahun 2007 yang harus dikuasai oleh guru salah satunya yaitu mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi profesional guru progam keahlian administrasi perkantoran SMK Muhammadiyh 5 Kepanjen dalam mengembangkan materi pelajaran yang diampu secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik dengan mengusai indikator (1) memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. (2) mengolah materi pelajaran yang diampu secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif informan utama dalam penelitian ini terdiri dari empat guru progam keahlian administrasi perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi dan studi dokumentasi. Prosedur penelitian ini adalah observasi awal pelaksanaan penelitian analisis data penarikan kesimpulan data dan pelaporan. Hasil penelitian ini dapat di deskripsikan sebagai berikut (1) Guru A dan B sudah cukup baik dalam memilih materi pembelajaran yang di ajar sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik terbukti dengan adanya guru yang memilih materi pembelajaran sesuai kebutuhan peserta didik dan untuk Guru C dan D dirasa sudah baik dalam memilih materi pembelajaran yang diampu sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik. terbukti dengan adanya guru yang dinilai kreatif dalam memilih materi yaitu dengan membuat materi sendiri yang terkadang juga di dapatkan oleh guru tersebut ketika mengikuti organisasi guru. (2) Guru A dan B masih kurang kreatif dalam mengolah materi pelajaran terbukti dengan tidak menggunakan model pembelajaran dan untuk Guru C dan D sudah kreatif dalam mengolah materi pelajaran terbukti dengan adanya beraneka ragam penggunaan metode dan model selain itu guru juga kreatif dalam memperoleh sumber belajar dan menggunakan fasilitas belajar yang dapat menunjang guru untuk mengolah pembelajaran secara kreatif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29258 |
Actions (login required)
View Item |