Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash CS6 pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Nganjuk) / Muh. Arif A - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash CS6 pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Nganjuk) / Muh. Arif A

Abdurochman, Muh. Arif (2017) Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash CS6 pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Nganjuk) / Muh. Arif A. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Abdurochman Muh Arif. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS6 pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Peserta Didik Kelas X Program Keahlian administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Nganjuk). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sarbini M.Pd. Kata Kunci media pembelajaran adobe flash CS6 hasil belajar Media pembelajaran adalah alat bantu berupa fisik maupun nonfisikyang memegang peranan penting dalam kegiatan proses pembelajaran yang digunakan sebagai perantara antara guru dan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran agar lebih efektif dan efisien.Media dirancang sebagai alat untuk mempermudah proses pembelajaran baik untuk guru maupun peserta didik agar tujuan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik dapat tercapai dengan baik. Media pembelajaran ini dirancang menggunakan software Adobe Flash CS6. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) Menghasilkan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran (2)Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 melalui validasi dari ahli materi ahli media dan peserta didik uji coba kelompok kecil (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Metode penelitian ini memodifikasi metode yang dikemukakan oleh Borg and Galldalam Sugiyonoadapun tahap penelitian tersebuat adalah (1) Potensi dan masalah (2) Pengumpulan data (3) Desain produk (4) Validasi desain (5) Revisi desain (6) Uji coba produk (7) Revisi produk (8) Uji coba pemakaian.Validasi media dilakukan oleh guru mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Nganjuk yang menjadi ahli materi ahli media dilakukan oleh dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dan uji coba produk dilakukan oleh peserta didik kelas X APK di SMK Negeri 2 Nganjuk. Hasil penelitian berdasarkan validasi ahli materi diperoleh 91% ahli media diperoleh 89% dan uji coba kelompok kecil diperoleh 84%. Berdasarkan hasil tersebut berarti media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 sangat layak/valid digunakan dalam proses pembelajaran.Hasil belajar kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata sebesar 77 87 kelas (APK 1) dan kelas kontrol mendapat 68 75 kelas (APK2) dan 69 43 kelas (APK 3). Berdasarkan hasil tersebut berarti media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. ABSTRACT Abdurochman Muh Arif. 2017. Development of Media-Based Learning Adobe Flash CS6 on Subjects Introduction Administration to Improve Learning Outcomes of Students (Studies in Class X Students Administration Office Skills Program SMK Negeri 2 Nganjuk). Thesis Department of Management Faculty of Economics University of Malang. Supervisor Drs. Sarbini M.Pd. Keywords learning media adobe flash CS6 learning outcomes Learning media are tools in the form of physical and non-physical activity plays an important role in the learning process which is used as an intermediary between teachers and learners in understanding learning materials to more effectively and efficiently. Media is designed as a tool to facilitate the learning process both for teachers and learners so that the learning objectives and learning outcomes of students can be achieved with good. This media is used software Adobe Flash CS6. This research was conducted with the aim to (1) Produce media based learning Adobe Flash CS6 on the subjects Introduction to Office Administration class X program expertise Office Administration (2) To determine eligibility based learning media Adobe Flash CS6 through validation of subject matter experts media experts and learners small group trial (3) To determine the improvement of learning outcomes of students after using instructional media based on Adobe Flash CS6 on the subjects Introduction to Office Administration. This research method to modify the method proposed by Borg and Gall in Sugiyono as for the research phase mentioned is (1) Potential and problems (2) Data collection (3) Design products (4) Validation of design (5) Revision of design (6) Test products (7) Revision products (8) Trial usage. Media validation is done by the subject teachers Introduction to Office Administration SMK Negeri 2 Nganjuk which become subject matter experts media experts conducted by lecturers of the Faculty of Economics University of Malang and product trials conducted by the students of class X APK SMK Negeri 2 Nganjuk. The results based on expert validation of material obtained 91% 89% earned media experts and piloting a small group gained 84%. Based on these results mean media-based learning Adobe Flash CS6 very worthy/valid used in the learning process. The results of experimental class learning scored an average of 77.87 grade (APK 1) and the control class got class 68.75 (APK 2) and class 69.43 (APK 3). Based on these results mean media Adobe Flash CS6-based learning can improve learning outcomes of students.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29186

Actions (login required)

View Item View Item