Pengaruh motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen) / Eva Fitri Eka - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen) / Eva Fitri Eka

Eka, Eva Fitri (2016) Pengaruh motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen) / Eva Fitri Eka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Eka Eva Fitri. 2016. PengaruhMotivasiBelajar Dan kebiasanBelajarTerhadapHasilBelajar (StudiPadaSiswaKelasX AdministrasiPerkantoran di SMK PGRI Turen).Skripsi Program Studi S-1 PendidikanAdministrasiPerkantoran JurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeri Malang.Pembimbing (1) Dr. WahjuWibowo A.Md S.E. M.Si (II) Drs. I NyomanSuputra M.Si. Kata Kunci MotivasiBelajar Kebiasaanbelajar danHasilBelajarSiswa Motivasi belajar dan kebiasaan belajar bersifatdinamis masing-masingsalingmendukungdalamhalperubahanpositif (ataunegatif) dalamdirisiswa. Siswa yang memiliki motivasi belajarbaikcenderungmemilikikebiasaan belajar yang baik sehingga siswa akanmengikutipembelajarandanmenyelesaikan tugassekolahdengan rasa senangdanketertarikandalamtugastersebut. Dengan kata lain haltersebutakanmendorongsiswauntukbersungguh-sungguhatautermotivasidalammengikutipembelajarandanmengerjakantugasuntukmemperolehhasilbelajar yang maksimal. Penelitianinibertujuanuntuk(1) Mendeskripsikanmotivasibelajar kebiasaanbelajar danhasilbelajarsiswa SMK PGRI Turen. (2) Mengetahuiadakahpengaruhpositifsecarasignifikanmotivasibelajarsiswaterhadaphasilbelajar program keahlianAdministrasiPerkantoran di SMK PGRI Turen. (3) MengetahuiadakahpengaruhkebiasaanbelajarsecarasignifikanterhadaphasilbelajarsiswakelasX programkeahlianAdministrasiPerkantoran SMK PGRI Turen. Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdandeskriptifdenganjenispenelitianeksplanasi. Populasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelas X SMK PGRI Turentahunajaran 2015/2016 dengansampel 43siswa.Teknikpengumpulan data dalampenelitianinimenggunakankuesionerdandokumentasi.Teknikanalisis data menggunakananalisisstatistik deskriptifdananalisisregresiberganda. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa (1) siswakelas X SMK PGRI Turenmemilikimotivasibelajar yang baik (4 03) memilikikebiasaanbelajar yang baik (4 5) memilikihasilbelajarmataproduktifadalahbaik. Hal inidapatdilihatbahwarentangnilaihasilbelajarrespondenadalah 83-100 danmemiliki rata-rata kemampuanbelajar yang tergolongbaikkarenanilaiseluruhsiswatelahtuntas KKM (2) motivasibelajarsiswaberpengaruhpositif yang signifikanterhadaphasilbelajar siswa kelas X program AdministrasiPerkantoran di SMK PGRI Turen (3) kebiasaanbelajarsiswaberpengaruhpositif yang signifikanterhadaphasilbelajar siswa kelas X program AdministrasiPerkantoran di SMK PGRITuren Dari hasilpenelitianini penelitimenyarankan (1) BagiGuru SMK PGRI Turenuntukselalumemberikanmotivasi arahan dukungan membimbingdanmembantusiswa agar siswadapatmemilikikegiatan yang tinggidalambelajardantertarikdalamsetiapkegiatanpembelajaran di sekolahseperti mengerjakantugastepatwaktudanaktifbertanyatentangmateri yang kurangjelas. Selainitupara guru diharapkandapatmembantuuntukmengatasikesulitan-kesulitan yang dialamisiswaselama proses pembelajaran. (2) Bagisiswa yang memilikimotivasidankebiasaanbelajar yang baikdiharapkanmempertahankanhasilbelajar yang sudahmaksimaldanmenerapkanhaltersebutpadamatapelajaran lain yang masihrendahdan (3) Bagipenelitiselanjutnya yang tertarikmelanjutkanpenelitianini sebaiknyamenelitidenganmenggunakanpopulasi yang lebihluas danmenambahkanvariabel lain yang berperandalampencapaianhasilbelajarsiswamisalnyalingkungansekolahdanminatsiswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29077

Actions (login required)

View Item View Item