Vidiana, Dwi (2014) Pengaruh persepsi siswa tentang teknik penilaian self assessment terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) (kelas X APK I di SMK Muhammadiyah 2 Pagak) / Dwi Vidiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Vidiana Dwi. 2014. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Teknik Penilaian Self Assessment terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) (Kelas X Apk 1 di SMK Muhammadiyah 2 Pagak). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd. M.M. (II) Drs. Mohammad Arief M.Si. Kata Kunci Teknik Penilaian Self Assessment Motivasi Belajar Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh penyempurnaan kurikulum dari KTSP menjadi Kurikulum 2013 yang menekankan pada perubahan pusat pembelajaran dari guru ke siswa. Siswa dituntut untuk aktif dan mandiri dalam proses belajar mengajar. Self assessment merupakan salah satu bentuk penilaian yang tepat diterapkan karena kurikulum ini menekankan pada siswa dituntut untuk aktif mandiri dan jujur sehingga siswa lebih termotiasi dalam mengikuti proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Persepsi Siswa tentang Teknik Penilaian Self Assessment (2)Motivasi Belajar Siswa kelas X Apk 1 di SMK Muhammadiyah 2 Pagak (3) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Teknik Penilaian Self Assessment terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Apk 1 di SMK Muhammadiyah 2 Pagak. Penelitan ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan melakukan uji hipotesis. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Apk 1 di SMK Muhammadiyah 2 Pagak sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode angket dokumentasi wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana uji t dan uji korelasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa uji hipotesis diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel (4 729 1 697) atau nilai signifikansi lebih kecil dari alpha 5% (0 000 0 050) maka hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima dapat dikatakan bahwa Persepsi siswa tentang Teknik Penilaian Self Assessment berpengaruh secara nyata terhadap Motivasi Belajar Siswa. Simpulan penelitian ini adalah 1) Persepsi siswa kelas X Apk 1 di SMK Muhammadiyah 2 Pagak tentang teknik penilaian self assessment sudah baik hal ini terlihat dari antusias siswa dalam kegiatan persepsi siswa tentang teknik penilaian self assessment antusias siswa terlihat dari siswa mengikuti setiap langkah-langkah dalam menerapkan teknik penilaian self assessment. 2) Motivasi belajar siswa kelas X Apk 1 di SMK Muhammadiyah 2 Pagak juga baik yang artinya siswa memiliki motivasi belajar yang relatif tinggi baik dalam faktor internal maupun eksternal. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel persepsi siswa tentang teknik penilaian self assessment terhadap motivasi belajar siswa kelas X Apk 1 di SMK Muhammadiyah 2 Pagak. Artinya jika persepsi siswa tentang teknik penilaian self assessment semakin baik maka motivasi belajar siswa juga akan semakin tinggi pula.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28906 |
Actions (login required)
View Item |