Putri, Dian Purwati (2013) Penerapan model TGT dengan media permainan monopoli MPKP untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran memberikan pelayanan kepada pelanggan (studi pada siswa kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang) / Dian Purwati Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Putri Dian Purwati. 2013. Penerapan Model TGT dengan Media Permainan Monopoli MPKP untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan (Studi pada Siswa Kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kabupaten Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Suharto SM. M.Pd. M.M. (II) Drs. H. Gatot Isnani M.Si. Kata kunci Model TGT Media Permainan Monopoli MPKP Aktivitas Hasil Belajar. 12288 12288 12288 12288 KTSP menuntut perubahan dari pola pembelajaran yang berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan menjadi pola pembelajaran yang lebih memberdayakan siswa dengan segala aktivitasnya dalam menemukan dan membangun pengetahuan barunya sebagai hasil belajar. Hal ini sejalan dengan paham konstruktivisme bahwa siswa mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan pemahamannya terkait dengan belajar mengajar. Salah satu model pembelajaran yang berpijak pada pandangan konstruktivisme adalah pembelajaran kooperatif. Dari banyaknya model kooperatif TGT (Teams Games Tournament) salah satunya. Pada penelitian ini TGT akan diterapkan pada mata pelajaran Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan (MPKP) dengan bantuan Media Permainan Monopoli MPKP. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) penerapan model TGT dengan Media Permainan Monopoli MPKP pada mata pelajaran Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan (2) aktivitas siswa setelah penerapan model TGT dengan Media Permainan Monopoli MPKP pada mata pelajaran Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan (3) hasil belajar siswa setelah penerapan model TGT dengan Media Permainan Monopoli MPKP pada mata pelajaran Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan (4) penerapan model TGT dengan Media Permainan Monopoli MPKP pada mata pelajaran Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Cendika Bangsa yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes wawancara observasi catatan lapangan dan dokumentasi. Tiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik analisis data pada penelitian ini ada tiga yaitu (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. 12288 12288 12288 12288 Hasil dari penelitian ini yaitu (1) penerapan pembelajaran model TGT dengan Media Permainan Monopoli MPKP dilakukan sebanyak 2 siklus dengan masing-masing siklus melalui 4 tahap yaitu presentasi pembentukan kelompok turnamen dengan Media Permainan Monopoli MPKP dan penghargaan (2) aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari 76 46% pada siklus I menjadi 88 1% pada siklus II (3) hasil belajar siswa pada pre test nilai rata-ratanya 42 92 dan ketuntasan belajarnya 8 33% (2 siswa) sedangkan pada post test siklus I rata-rata nilainya sebesar 71 88 dengan ketuntasan belajar 54 17% (13 siswa) pada post test siklus II rata-rata nilainya 81 25 dengan ketuntasan belajar 91 67% (22 siswa) (4) aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 11 64%. Sedangkan hasil belajar aspek kognitif mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 9 38 sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT dengan Media Permainan Monopoli MPKP mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan penelitian ini saran yang diberikan Peneliti adalah (1) sekolah model TGT dengan Media Permainan Monopoli MPKP juga dapat menjadi rujukan alternatif sebagai model pembelajaran untuk mata pelajaran Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan atau mata pelajaran lain (2) guru model TGT dengan Media Permainan Monopoli MPKP bisa menjadi pilihan model pembelajaran yang berbeda serta mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar (3) siswa saat model pembelajaran TGT dengan Media Permainan Monopoli MPKP diterapkan perlu meningkatkan minat baca melatih berpikir kritis serta mengungkapkan pendapatnya pada saat berdiskusi untuk lebih meningkatkan aktivitas dan hasil belajar selama proses pembelajaran berlangsung (4) Peneliti selanjutnya diharapkan bisa membandingkan dengan mengadakan penelitian di sekolah lain dengan menggunakan model yang sama selain itu dalam proses pembuatan media permainan ini perlu berkonsultasi dengan ahli media untuk menyempurnakan Media Permainan Monopoli MPKP.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/28865 |
Actions (login required)
View Item |