Pengaruh persepsi siswa tentang tingkat kompetensi pedagogik guru, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, kompetensi sosial dan peran guru sebagai agen pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran korespondensi bahasa Indonesia kelas X dan XI SM - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang tingkat kompetensi pedagogik guru, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, kompetensi sosial dan peran guru sebagai agen pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran korespondensi bahasa Indonesia kelas X dan XI SM

Hermanto, Bambang (2013) Pengaruh persepsi siswa tentang tingkat kompetensi pedagogik guru, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, kompetensi sosial dan peran guru sebagai agen pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran korespondensi bahasa Indonesia kelas X dan XI SM. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hermanto Bambang. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Tingkat Kompetensi Pedagogik Guru Kompetensi Kepribadian Guru Kompetensi Profesional Guru Kompetensi Sosial Guru dan Peran Guru Sebagai Agen Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Korespondensi Bahasa Indonesia Kelas X dan XI di SMK Wisnuwardhana Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mohammad Arief M.Si. (II) Drs. Sarbini. Kata Kunci Kompetensi pedagogik guru kompetensi kepribadian guru kompetensi professional guru kompetensi sosial guru peran guru sebagai agen pembelajaran hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan Undang-undang Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ditetapkan bahwa seorang guru harus memiliki empat kompetensi yaitu (1) kompetensi pedagogik (2) kompetensi kepribadian (3) kompetensi professional (4) kompetensi sosial. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang (1) pengaruh persepsi siswa tentang tingkat kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi bahasa Indonesia (2) pengaruh persepsi siswa tentang tingkat kompetensi kepribadian guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi bahasa Indonesia (3) pengaruh persepsi siswa tentang tingkat kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi bahasa Indonesia (4) pengaruh persepsi siswa tentang tingkat kompetensi sosial guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi bahasa Indonesia (5) pengaruh persepsi siswa tentang peran guru sebagai agen pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi bahasa Indonesia. 12288 12288 12288 12288 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode persentase deskriptif. Penelitian kompetensi pedagogik kompetensi kepribadian kompetensi professional kompetensi sosial dan peran guru sebagai agen pembelajaran didasarkan pada persepsi siswa. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 50 siswa. Hipotesis yang diuji adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang tingkat kompetensi pedagogik kompetensi kepribadian kompetensi profesional kompetensi sosial dan peran guru sebagai agen pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Teknik pengambilan data untuk variabel persepsi siswa tentang tingkat kompetensi pedagogik kompetensi kepribadian kompetensi profesional kompetensi sosial dan peran guru sebagai agen pembelajaran adalah dengan menggunakan angket. Sedangkan pengambilan data variabel hasil belajar siswa dengan dokumentasi. 12288 12288 12288 12288 Temuan penelitian menunjukan bahwa persepsi siswa tentang tingkat kompetensi sosial guru di SMK Wisnuwardhana Malang menunjukan bahwa tidak memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa. Dalam hal ini dikarenakan bahwa kompetensi sosial merupakan kompetensi yang berkenaan dengan kemampuan guru sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan berinteraksi sehingga persepsi siswa terhadap kompetensi sosial guru kurang di pahami oleh siswa. Maka dari itu kompetensi sosial guru di persepsikan oleh siswa tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh persepsi siswa tentang tingkat kompetensi pedagogik guru kompetensi kepribadian kompetensi professional kompetensi sosial dan peran guru sebagai agen pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dapat diketahui nilai 25.068 dengan tingkat signifikansi 0 000 945 0 05 dengan demikian dapat dikatakan bahwa kompetensi pedagogik guru kompetensi kepribadian kompetensi professional kompetensi sosial dan peran guru sebagai agen pembelajaran memiliki pengaruh secara simultan terhadap hasil belajar siswa sebesar 74%. Semakin tinggi tingkat kompetensi yang dimiliki oleh guru dan peran guru sebagai agen pembelajaran yang mempengaruhi hasil belajar maka hasil belajar siswa juga semakin tinggi. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada para guru (1) untuk mempertahankan dan meningkatkan kompetensi dan kinerjanya dalam dunia kependidikan. Sehingga tujuan Sertifikasi guru untuk menentukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional dapat tercapai (2) hendaknya semua guru berusaha untuk terus meningkatkan kompetensi profesional dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi mengikuti seminar maupun segala macam pelatihan yang dapat mengembangkan kompetensinya dan memperluas ilmu (3) guru selaku pendidik diharapkan untuk selalu memberi semangat dalam rangka mendukung motivasi belajar siswa dengan menciptakan kondisi belajar mengajar yang kreatif dan menyenangkan (4) guru selaku bagian dari masyarakat diharapkan untuk selalu menciptakan hubungan yang baik dengan masyarakat agar citra guru dan sekolaha tetap terjaga dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28857

Actions (login required)

View Item View Item