Pengembangan media pembelajaran menulis stenografi berbasis Macromedia Flash 8 untuk siswa kelas XI APK SMK N 1 Boyolangu, Tulungagung / Danang Leo Handoko - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran menulis stenografi berbasis Macromedia Flash 8 untuk siswa kelas XI APK SMK N 1 Boyolangu, Tulungagung / Danang Leo Handoko

Handoko, Danang Leo (2013) Pengembangan media pembelajaran menulis stenografi berbasis Macromedia Flash 8 untuk siswa kelas XI APK SMK N 1 Boyolangu, Tulungagung / Danang Leo Handoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Handoko Danang Leo. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Stenografi Berbasis Macromedia Flash 8 untuk Kelas XI APK SMK N 1 Boyolangu Tulungagung. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Agung Winarno M. M (2) Dr. Wahju Wibowo A. Md S. E. M. Si Kata Kunci Media Pembelajaran Macromedia Flash 8 dan Hasil Belajar Media pembelajaran menulis stenografi berbasis Macromedia Flash 8 digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan adanya media pembelajaran siswa dapat belajar dengan menyenangkan sehingga materi yang disampaikan oleh guru dapat diterima oleh siswa secara maksimal. Pengembangan media pembelajaran ini pada Standar Kompetensi Membuat Dokumen. Materi pembelajaran yang bersifat teori perlu diimbangi dengan adanya media yang menarik yang dapat mengurangi kejenuhan siswa dalam belajar. Sarana dan prasarana sekolah yang mendukung dalam pengembangan media pembelajaran dapat meningkatkan pembelajaran di sekolah. Dengan demikian pengembangan ini mengangkat judul Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Stenografi Berbasis Macromedia Flash 8 untuk Kelas XI APK SMK N 1 Boyolangu Tulungagung. Adapun tujuan pengembangan media pembelajaran ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran yang menarik dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 dengan siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Standar kompetensi Membuat Dokumen pada kelas XI APK di SMK N 1 Boyolangu Tulungagung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media yang mengadopsi dari model pengembangan Dick and Carey dengan tahapan (1) Analisis Kebutuhan (2) Analisis Pembelajaran (3) Analisis Karakteristik Siswa dan Lingkungan (4) Merumuskan Tujuan Khusus (5) Mengembangkan Instrumen Penelitian (6) Mengembangkan Strategi Pembelajaran (7) Mengembangkan Materi Pembelajaran (8) Merancang dan Mengembangkan Evaluasi Formatif dan (9) Revisi Pembelajaran. Hasil validasi ahli materi mencapai 79 09 % yang menyatakan media ini valid/dapat digunakan sebagai media pembelajaran di kelas dan untuk hasil validasi ahli media mencapai 82 69 % yang menyatakan media ini valid/dapat digunakan sebagai media pembelajaran di kelas. Hasil uji t-test independent sample memperoleh nilai signifikan 0.000 0.05 sehingga menunjukkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan eksperimen. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Saran kepada guru khususnya untuk menggunakan media pembelajaran menulis stenografi berbasis Macromedia Flash 8 sebagai alternatif dalam mengatasi masalah belajar siswa khususnya dalam Standar Kompetensi Membuat Dokumen pokok bahasan Stenografi. Tetapi untuk penerapan di sekolah guru perlu memperhatikan karakteristik siswa dan sekolah yang bersangkutan. Selain itu dalam penggunaan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 ini guru harus bisa mengoperasikan komputer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28856

Actions (login required)

View Item View Item