Implementasi interaksi individu antara guru dan siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas xi teknik alat berat (tab) di smkn 6 malang) / MONIKA DWI LAILY - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi interaksi individu antara guru dan siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas xi teknik alat berat (tab) di smkn 6 malang) / MONIKA DWI LAILY

Laily, Monika Dwi Laily (2023) Implementasi interaksi individu antara guru dan siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas xi teknik alat berat (tab) di smkn 6 malang) / MONIKA DWI LAILY. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah merupakan suatu kegiatan interaksi yang bernilai individu yang melibatkan guru dan siswa sebagai pemeran utama. Keduanya berada dalam posisi dan tanggung jawab yang berbeda namun dengan pencapaian tujuan yang sama. Kegiatan interaksi yang bernilai individu enyus pembelajaran disekolah disebut berhasil jika ada perubahan sikap dan perilaku dari siswa setelah melakukan kegiatan pembelajaran tersebut. Perubahan sikap dan perilaku menjadi semakin baik yang pada akhirnya disebut interaksi individu yang baik yang didukung serta dengan kebijakan internal sekolah yang mendukung jalannya proses tersebut. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana implementasi interaksi antara guru dan siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi interaksi individu antara guru dan siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa di kelas XI TAB SMKN 6 Malang. Kemudian tujuan dari penelitian adalah implementasi interaksi individu antara guru dan siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa dan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi interaksi individu antara guru dan siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa di kelas XI TAB SMKN 6 Malang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan penelitian kualitatif pendekatan fenomenologi. Adapun pengumpulan data menggunakan metode wawancara observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan data kualitatif. Berdasarkan analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Guru kelas XI memiliki andil yang cukup besar dalam upaya pembentukan interaksi individu siswa melalui interaksi yang telah diterapkan. Dan interaksi individu tersebut bertujuan sama yaitu memprioritaskan peserta didik dalam pembelajaran guna meningkatkan prestasi belajar. Kemudian dalam pelaksanaan yang sudah dilakukan oleh guru kelas XI dalam upaya untuk mengimplementasikan interaksi individu di SMKN 6 Malang tentunya memiliki faktor-faktor yang mempengaruhi baik itu faktor pendorong mapun faktor penghambat. Adapun faktor pendorongnya yaitu berupa kebijakan-kebijakan internal sekolah yang berupa tata tertib yang berjalan dengan baik akan sangat mendukung apa yang telah guru lakukan di kelas dan faktor lain yang paling dirasakan ialah adanya dukungan dari para orang tua peserta didik di samping itu kegiatan peserta didik di lingkungan rumah dan masyarakat juga berpengaruh. Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu dalam hal masalah lingkungan kelas yang masih gabung dengan bengkel berakhibat yang kurang baik dan bertolak belakang enyusuna yang diharapkan baik lingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggal para peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/288522

Actions (login required)

View Item View Item