Penerapan pembelajaran ceramah bervariasi dengan model guided note taking untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APk 2 SMK Widya Dharma Turen Malang) / Ria Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran ceramah bervariasi dengan model guided note taking untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APk 2 SMK Widya Dharma Turen Malang) / Ria Lestari

Lestari, Ria (2013) Penerapan pembelajaran ceramah bervariasi dengan model guided note taking untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APk 2 SMK Widya Dharma Turen Malang) / Ria Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lestari Ria. 2013. Penerapan Pembelajaran Ceramah Bervariasi dengan Model Guided Note Taking Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas X APk 2 SMK Widya Dharma Turen-Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Suharto S.M.. M.Pd. M.M. (2) Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M. Kata Kunci Ceramah Bervariasi Model Guided Note Taking Aktivitas Hasil Belajar Ceramah bervariasi merupakan pembelajaran yang menekankan pemberian informasi yang berpusat pada guru dengan diselingi tanya jawab untuk menggugah respon siswa dalam memahami materi pembelajaran. Salah satu model yang dikembangkan agar metode ceramah yang diterapkan oleh guru mendapat perhatian siswa adalah Guided Note Taking atau catatan terbimbing dimana siswa diberi handout yang sebagian dikosongi untuk mereka isi pada saat guru menyampaikan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan Pembelajaran Ceramah Bervariasi dengan Model Guided Note Taking (2) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Setelah Penerapan Pembelajaran (3) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Setelah Penerapan Pembelajaran Ceramah Bervariasi dengan Model Guided Note Taking. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Penelitian ini dilakukan di kelas X APk 2 SMK Widya Dharma Turen-Malang dengan jumlah 39 siswa. Paparan data hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Penerapan model Guided Note Taking ini diklasifikasikan ke dalam empat tahap yaitu (a) tahap awal pembelajaran (b) tahap penyajian materi dan pengisian handout (c) tahap diskusi kelompok dan (d) tahap pembahasan handout (2) Aktivitas belajar siswa meningkat sebesar 9 09% dari siklus I yang hanya 78 03% ke siklus II yang mencapai 87 12% dan pencapaian nilai karakter bangsa siswa siklus I sebesar 69 04% meningkat 10 9% sehingga pada siklus II mencapai 79 94% (3) Hasil belajar siswa pada aspek kognitif siklus I sebesar 61 54% kemudian mengalami peningkatan 25 64% sehingga menjadi 87 18% pada siklus II. Sedangkan pada aspek afektif pencapaian siklus I sebesar 74 74% dan meningkat sebesar 12 12% sehingga tingkat pencapaian pada siklus II sebesar 86 86%. Berdasarkan hasil analisis tersebut saran yang diberikan peneliti antara lain (1) bagi siswa diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dalam menulis dan menghagai penjelasan guru (2) bagi guru dapat menerapkan model Guided Note Taking agar metode ceramah yang dipakai guru tetap mendapat perhatian siswa (3) bagi sekolah dapat mengembangkan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa dan (4) bagi peneliti berikutnya dapat melakukan kegiatan penelitian lebih lanjut dan menerapkan pembelajaran ceramah bervariasi dengan model Guided Note Taking ini hanya pada mata pelajaran teori dasar dan tidak cocok untuk pemahaman tingkat lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28847

Actions (login required)

View Item View Item