Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika tipe open-ended pada materi relasi dan fungsi berdasarkan metode newman ditinjau dari motivasi belajar / Aminah Indah Jamala Al-Athiyyah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika tipe open-ended pada materi relasi dan fungsi berdasarkan metode newman ditinjau dari motivasi belajar / Aminah Indah Jamala Al-Athiyyah</p>

Al-athiyyah, Aminah Indah Jamala (2023) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika tipe open-ended pada materi relasi dan fungsi berdasarkan metode newman ditinjau dari motivasi belajar / Aminah Indah Jamala Al-Athiyyah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi relasi dan fungsi ditinjau dari motivasi belajar rendah sedang dan tinggi. Data yang digunakan dalam penelitian ini berdasar pada angket motivasi belajar jawaban siswa pada soal yang mengacu pada indikator kesalahan Newman dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa yang dipilih dari 29 siswa kelas VIII B SMP PGRI 3 Malang. Pemilihan subjek penelitian didasarkan pada hasil pengisian angket motivasi belajar dan soal tes materi relasi dan fungsi. Hasil tes serta hasil wawancara dengan subjek terpilih digunakan untuk menganalisis jenis kesalahan dan penyebab lebih lanjut siswa melakukan kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tiga kategori motivasi belajar (rendah sedang dan tinggi) melakukan semua jenis kesalahan menurut metode Newman. Kesalahan yang dilakukan meliputi kesalahan membaca kesalahan memahami kesalahan transformasi kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban. Penyebab siswa melakukan kesalahan adalah siswa tidak dapat membaca notasi atau simbol yang digunakan pada materi Relasi dan Fungsi siswa juga masih belum memahami sepenuhnya terkait materi prasyarat (Himpunan) serta materi Relasi dan Fungsi (membedakan antara konsep Relasi dan Fungsi bentuk penyajiannya dan penggunaannya dalam masalah matematika) siswa mengalami kesulitan dalam membuat model matematika dan masih bingung dalam melakukan operasi dasar bilangan bulat dan aljabar serta penyebab lain seperti kurang teliti kurang konsentrasi terburu-buru dan lupa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 May 2023 04:29
Last Modified: 25 Sep 2024 01:06
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/285977

Actions (login required)

View Item View Item