Aulia, Muhammad Iqbal (2023) Media Pembelajaran Pemrograman Dasar dengan Pendekatan Computational Thinking Berbasis Android untuk Menguatkan Pemahaman Konsep Pemrograman Siswa Kelas X Prokel TKI di SMK. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan teknologi pembelajaran dapat dicapai dengan memanfaatkan media pembelajaran sebagai alat bantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran serta mematangkan pemahaman konsep siswa dalam proses pembelajaran. Hasil observasi awal yang dilakukan di SMKN 1 Kepanjen, SMK Cendika Bangsa Kepanjen Malang, dan SMKN 1 Geger Madiun pada mata pelajaran Pemrograman Dasar, siswa masih terkendala dalam memahami konsep dasar pemrograman. Penerapan media pembelajaran konvensional seperti buku dan modul ajar belum mendapatkan hasil belajar yang baik. terlebih tanpa menerapkan contoh studi kasus beserta penyelesaian permasalahannya menjadikan siswa semakin kesulitan memahami pembelajaran. Suatu media pembelajaran dibutuhkan untuk memberikan pemahaman konsep siswa terhadap pemrograman, dengan menerapkan pendekatan computational thinking. Tujuan dari kegiatan penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan yaitu mengembangkan media pembelajaran untuk mata pelajaran pemrograman dasardengan menerapkan pendekatan computational thinking serta menganalisis penguatan pemahaman konsep pemrograman siswa. Penelitian dan pengembangan dilaksanakan dengan menggunakan model Plomp, dengan 4 tahapan, yaitu: (1) Preliminary research, dengan melakukan observasi dan analisis terhadap karakteristik siswa, materi, pendukung pembelajaran, dan media; (2) Prototyping phase dengan membangun desain media pembelajaran beserta konten yang dimuat di dalamnya; (3) Assessment phase yang bertujuan untuk menguji prototipe media pembelajaran yang dikembangkan; dan (4) Implementation dengan menerapkan media pembelajaran dalam pembelajaran langsung, kemudian melakukan uji usabilitas serta efektivitas media pembelajaran kepada siswa. Implementasi dilaksanakan pada siswa kelas XI RPL SMKN 1 Kepanjen. Pada tahap Preliminary investigation didapatkan data permasalahan dan analisis pada pembelajaran pemrograman dasar, dilanjutkan ke tahap pengembangan prototipe media pembelajaran. Pada tahap Assessment, hasil validasi media mendapatkan nilai 92%, serta hasil validasi materi mendapatkan nilai 98%. Kemudian pada tahap implementation, uji pengguna kelompok kecil dilakukan pada 10 siswa mendapatkan hasil sebesar 87,26%, serta pengujian pada kelompok besar sebanyak 30 siswa mendapatkan nilai 82,12%. Berikutnya pengujian terhadap efektivitas produk dalam menguatkan pemahaman konsep pemrograman siswa mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,59 atau 59%. Mengacu pada hasil penelitian, penerapan media pembelajaran Dicothink memberikan dampak positif berupa penguatan pemahaman konsep siswa terhadap pemrograman, khususnya dalam pembelajaran pemrograman dasar. Pembelajaran pada aplikasi Dicothink ditunjang dengan fitur yang memudahkan siswa memahami materi dan contoh studi kasus pemrograman dengan pendekatan computational thinking, dengan begitu siswa dapat menerapkan hasil pembelajarannya secara langsung dalam kasus pemrograman. Media pembelajaran yang dikembangkan berhasil diimplementasikan dalam pembelajaran, sangat layak diterapkan dan cukup efektif untuk menguatkan pemahaman konsep pemrograman siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Pemrograman Dasar, Computational Thinking, Mobile Learning, Pemahaman Konsep Pemrograman |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 16 May 2023 01:23 |
Last Modified: | 16 May 2023 01:23 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2855 |
Actions (login required)
View Item |