Oktavinna, Nattasya (2023) Pengaruh efikasi diri anak dan pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar anak usia dini di Kecamatan Kanigoro / Nattasya Oktavinna</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Efikasi diri merupakan keyakinan terhadap kemampuan diri dalam menyelesaikan masalah sehingga mampu mendorong terbentuknya sikap mandiri. Dalam perkembangan kemandirian belajar anak usia dini orang tua harus melibatkan anak dalam mengambil keputusan dengan tujuan agar anak mampu menentukan pilihan sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh antara efikasi diri anak terhadap kemandirian belajar anak usia dini di Kecamatan Kanigoro (2) pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar anak usia dini di Kecamatan Kanigoro (3) pengaruh antara efikasi diri anak dan pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar anak usia dini di Kecamatan Kanigoro. Lokasi penelitian ini di Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi liniear berganda. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Populasi penelitian yaitu 1890 orang tua. Sampel sebanyak 95 responden yang diambil dengan rumus Slovindan menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil uji t variabel efikasi diri anak () memiliki nilai signifikansi t sebesar 0 000 (0 000 lt 0 05). Sehingga efikasi diri anak secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar anak usia dini (2) hasil uji t variabel pola asuh orang tua () memiliki nilai signifikansi t sebesar 0 000 (0 000 lt 0 05). Sehingga pola asuh orang tua secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar anak usia dini (3) uji F variabel efikasi diri anak dan variabel pola asuh orang tua memiliki nilai signifikansi F sebesar 0 000 (0 000 lt 0 05). Sehingga variabel efikasi diri anak dan variabel pola asuh orang tua secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar anak usia dini. Hasil R Square sebesar 0 478 sehingga 47 8% kemandirian belajar anak usia dini dipengaruhi oleh variabel efikasi diri anak dan pola asuh orang tua dan sisanya sebesar 52 2% dipengaruhi variabel bebas lain di luar penelitian ini. Saran yang diberikan yaitu (1) bagi orang tua a) harus memahami bahwa efikasi diri pada anak usia dini sangat penting karena mampu membantu anak dalam mencapai tujuan belajarnya b) harus mampu memberikan pola asuh kepada anak sesuai dengan kebutuhan anak dan c) harus memahami bahwa kemandirian belajar sangat dibutuhkan untuk bekal anak dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya (2) bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan variabel bebas lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/282786 |
Actions (login required)
View Item |