Pengaruh minat belajar, motivasi belajar, dan keterlibatan orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran analisa dan riset pasar (studi kasus pada siswa kelas X Jurusan Pemasaran SMK Islam Batu) / Elvira Rosalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat belajar, motivasi belajar, dan keterlibatan orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran analisa dan riset pasar (studi kasus pada siswa kelas X Jurusan Pemasaran SMK Islam Batu) / Elvira Rosalia

Rosalia, Elvira (2017) Pengaruh minat belajar, motivasi belajar, dan keterlibatan orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran analisa dan riset pasar (studi kasus pada siswa kelas X Jurusan Pemasaran SMK Islam Batu) / Elvira Rosalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosalia E. 2017. Pengaruh Minat Belajar Motivasi Belajar dan Keterlibatan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Analisa dan Riset Pasar (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X Jurusan Pemasaran SMK Islam Batu). Skripsi. Program S-1 Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. Sopiah M.Pd. M.M. Kata Kunci Minat Belajar Motivasi Belajar Keterlibatan Orang Tua Hasil Belajar. Masalah utama yang ada dalam kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Analisa dan Riset Pasar adalah siswa yang tidak mengerjakan dan tidak mengumpulkan tugas sehingga nilai siswa tersebut tidak lengkap dan ada nilai yang dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Masalah umum yang terjadi antara lain bermain HP bergurau dengan teman dan beberapa siswa belum terpenuhi kebutuhan belajarnya misalnya pulpen. Mayoritas orang tua siswa memiliki tingkat pendidikan dan tingkat ekonomi menengah kebawah sehingga kurangnya pemahaman mengenai perkembangan pendidikan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) deskripsi minat belajar motivasi belajar dan keterlibatan orang tua serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran Analisa dan Riset Pasar siswa kelas X Pemasaran SMK Islam Batu (2) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Analisa dan Riset Pasar (3) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Analisa dan Riset Pasar (4) pengaruh keterlibatan orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran Analisa dan Riset Pasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Pemasaran SMK Islam Batu yang berjumlah 111 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 87 siswa yang diambil dengan teknik pengambilan sampel proportional random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) minat belajar motivasi belajar dan keterlibatan orang tua tergolong tinggi hasil belajar tergolong baik (2) ada pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Analisa dan Riset Pasar (3) ada pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Analisa dan Riset Pasar (4) ada pengaruh positif dan signifikan keterlibatan orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran Analisa dan Riset Pasar. Dalam upaya menumbuhkan minat dan motivasi belajar siswa untuk meningkatkan hasil belajar guru pengajar diharapkan dapat membuat siswa aktif membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar memberikan penguatan memberikan suasana belajar yang rileks dan menciptakan kegiatan belajar yang menarik. Selain itu guru juga diharapkan dapat berkoordinasi dengan orang tua siswa agar dapat memantau perkembangan beajar siswa. Bagi siswa seharusnya siswa dapat aktif dalam KBM dan dapat menyelesaikan tugas belajar dengan baik. Bagi orang tua diharapkan dapat meningkatkan keterlibatannya dalam proses belajar anak. ABSTRACT Rosalia E. 2017. The Influence of Learning Interest Learning Motivation and Parents Involvement on Learning Outcomes of Market Research and Analysis Subject (Case Study for 10th Grade Students of Marketing at SMK Islam Batu). Sarjana s Thesis S-1 Business Education Management Departement Faculty of Economics Universitas Negeri Malang Advisor Dr. Sopiah M.Pd. M.M. Keywords Learning Interest Learning Motivation Parents Involvement Learning Outcome The main problem that exist in the teaching and learning of Market Research and Analysis subject is the students who do not do and do not collect the tasks so that the student score is not complete and there is a value under the minimum criteria. Common problems that occur include playing HP joking with friends and students have not fulfilled their learning needs such as pens. The majority of parents have lower education and economic levels resulting in a lack of understanding the development of student learning education This study aims to determine (1) description of learning interest learning motivation involvement of parents and student learning outcomes of Market Research and Analysis subject for 10th grade students of Marketing at SMK Islam Batu (2) the influence of learning interest on the learning outcomes of Market Research and Analysis subject (3) the influence of learning motivation on the learning outcomes of Market Research and Analysis subject (4) the influence of parents involvement on the learning outcomes the of Market Research and Analysis subject. Type of research used is explanatory research. The population in this study is all students of 10th grade Marketing at SMK Islam Batu which amounts to 111 students. The sample in this research is 87 students taken with sampling technique proportional random sampling. Data analysis technique used is multiple linear regression. The results of this study indicate that (1) interest in learning motivation to learn and involvement of parents is high the learning outcomes are quite good (2) there is a positive and significant influence of learning interest on learning outcomes of Market Research and Analysis subject (3) there is a positive and significant influence of learning motivation on learning outcomes of Market Research and Analysis subject (4) there is a positive and significant influence of parental involvement on learning outcomes of Market Research and Analysis subject. In an effort to foster students interest and motivation to improve learning outcomes teachers are expected to make students actively help students who have learning difficulties provide reinforcement provide a relaxed learning environment and create interesting learning activities. In addition teachers are also expected to coordinate with parents of students in order to monitor the development of student learning. For students students should be active in the teaching and learning and be able to complete learning tasks well. For parents it is expected to increase their involvement in the learning process of children.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28088

Actions (login required)

View Item View Item