Analisis kompetensi pedagogik, pemahaman guru tentang karakteristik individual peserta didik (studi kasus pada guru mata pelajaran produktif pemasaran di SMKN 2 Blitar) / Wahyu Elfisiya - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kompetensi pedagogik, pemahaman guru tentang karakteristik individual peserta didik (studi kasus pada guru mata pelajaran produktif pemasaran di SMKN 2 Blitar) / Wahyu Elfisiya

Elfisiya, Wahyu (2017) Analisis kompetensi pedagogik, pemahaman guru tentang karakteristik individual peserta didik (studi kasus pada guru mata pelajaran produktif pemasaran di SMKN 2 Blitar) / Wahyu Elfisiya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Elfisiya W. 2017. Analisis Kompetensi Pedagogik Pemahaman Guru Tentang Karakteristik Individual Peserta Didik (Studi pada Guru Mata Pelajaran Produktif Pemasaran di SMKN 2 Blitar). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Sutrisno M.M. Kata Kunci kompetensi pedagogik pemahaman guru karakteristik individual peserta didik Guru merupakan salah satu komponen penting dari sebuah sistem yang akan sangat menentukan keberhasilan pendidikan. Seorang guru harus memiliki kompetensi yang baik sehingga mampu menunjang kinerjanya dan menjadi tenaga pendidik yang berkompetensi. Kompetensi Pedagogik pada dasarnya adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.16 Tahun 2007 tentang Kompetensi Guru salah satu standar kualifikasi kompetensi pedagogik guru sekolah menengah kejuruan adalah menguasai karakteristik peserta didik. Pemahaman terhadap karakteristik individual peserta didik dapat membantu setiap guru untuk melayani peserta didik secara tepat dan sesuai dengan karakteristik yang dimiliki masing-masing peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Analisis penelitian ini dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus hingga tuntas sampai mendapatkan kejenuhan data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis tema. Subyek pada penelitian ini adalah empat guru mata pelajaran produktif pemasaran di SMKN 2 Blitar. Sumber data dalam penelitian ini tidak ditentukan jumlahnya melainkan berdasar pada snowball sampling. Prosedur pengumpulan data dengan observasi dokumentasi dan wawancara. Pada penelitian ini pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan waktu pengamatan dan triangulasi sumber. Proses tahapan penelitian dibagi ke dalam empat tahap yaitu 1) Tahap Pengumpulan Data 2) Tahap Reduksi Data 3) Tahap Penyajian Data dan 4) Tahap Penyimpulan/Verivikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru mata pelajaran produktif pemasaran di SMKN 2 Blitar khususnya dalam memahami karakteristik individual peserta didik masih kurang terbukti guru belum menerapkan indikator penguasaan karakteristik peserta didik. Guru masih belum dapat memahami karakteristik individual yang dimiliki setiap peserta didik. Selain itu pelayanan yang diberikan oleh guru pada saat proses pembelajaran masih belum mempertimbangkan perbedaan karakteristik individual dari setiap peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan kepada guru mata pelajaran produktif pemasaran di SMKN 2 Blitar untuk lebih memperhatikan dan menerapkan indikator penguasaan karakteristik peserta didik serta mempertimbangkan perbedaan karakteristik individual dari setiap peserta didik sebagai upaya memberikan pelayanan yang tepat kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28084

Actions (login required)

View Item View Item