Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) melalui media charta untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Pemasaran pada mata pelajaran menemukan peluang baru dari pelanggan di SMK PGRI 6 Malang) / R - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) melalui media charta untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Pemasaran pada mata pelajaran menemukan peluang baru dari pelanggan di SMK PGRI 6 Malang) / R

Hartutik, Rini Fuji (2013) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) melalui media charta untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Pemasaran pada mata pelajaran menemukan peluang baru dari pelanggan di SMK PGRI 6 Malang) / R. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hartutik Rini Fuji. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Melalui Media Charta Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas X Program Keahlian Pemasaran pada Mata Pelajaran Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan di SMK PGRI 6 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M. Si (II) Drs. Djoko Dwi Kusumanjato M. Si. Kata Kunci Model pembelajaran kooperatif tipe TGT Media charta Hasil belajar Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) melalui media charta pada mata pelajaran menemukan peluang baru dari pelanggan di SMK PGRI 6 Malang (2) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) melalui media charta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Pemasaran pada mata pelajaran menemukan peluang baru dari pelanggan di SMK PGRI 6 Malang (3) Bagaimanakah respon siswa kelas X Pemasaran terhadap model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) melalui media charta pada mata pelajaran menemukan peluang baru dari pelanggan di SMK PGRI 6 Malang Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas X Pemasaran yang berjumlah 33 siswa di SMK PGRI 6 Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara observasi tes catatan lapangan dokumentasi dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT melalui media charta pada mata pelajaran Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan di SMK PGRI 6 Malang dilaksanakan dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan pada pelaksanaan tersebut aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran terjadi peningkatan dari siklus I yang persentase rata-rata sebesar 76 60% termasuk kategori baik menjadi 93 02% pada siklus II yang termasuk dalam kategori sangat baik. (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT melalui media charta pada mata pelajaran Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan kelas X Pemasaran SMK PGRI 6 Malang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari aspek kognitif maupun afektif terbukti dengan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada aspek kognitif dilihat dari rata-rata nilai ulangan siswa dan ketuntasan belajar siswa nilai rata-rata ulangan siswa sebelum tindakan sebesar 53 74 siklus I sebesar 80 dan siklus II sebesar 85 4 sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa sebelum tindakan sebesar 22 6% siklus I sebesar 69% dan siklus II sebesar 85 7%. Sementara itu pada aspek afektif dilihat dari nilai rata-rata siswa siklus I sebesar 65 3 dan pada siklus II sebesar 81 sedangkan untuk ketuntasan belajar siswa aspek afektif pada siklus I sebesar 26 7% dan siklus II sebesar 76 6%. (3) Hasil respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT melalui media charta mendapatkan skor rata-rata 3 14 yang terkategorikan sangat positif. Hal ini menunjukkan bahwa siswa senang tertarik dan termotivasi mengikuti pembelajaran selain itu siswa juga lebih mudah memahami suatu pelajaran dan kerjasama terhadap sesama teman. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) melalui media charta pada mata pelajaran Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan di kelas X Pemasaran SMK PGRI 6 Malang berjalan dengan baik sesuai dengan yang direncanakan. (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) melalui media charta pada mata pelajaran Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan di kelas X Pemasaran SMK PGRI 6 Malang tahun ajaran 2012/2013 dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik secara kognitif maupun afektif. (3) Siswa memberikan respon sangat positif terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) melalui media charta pada mata pelajaran Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi guru mata pelajaran Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan pembelajaran dengan model kooperatif tipe TGT melalui media charta dapat dijadikan alternative pilihan dalam kegiatan belajar mengajar (2) Bagi siswa hendaknya mempersiapkan diri dengan belajar terlebih dahulu sebelum mengikuti pembelajaran di kelas (3) Bagi peneliti selanjutnya khususya mahasiswa Universitas Negeri Malang hasil dapat dijadikan sebagai bahan referensi dengan penelitian yang serupa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27821

Actions (login required)

View Item View Item