Penerapan kolaborasi pembelajaran kooperatif model fan-n-pick dengan role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada standar kompetensi melakukan negosiasi (studi pada siswa kelas X Pemasaran di SMK Kosgoro 1 Lawang Kab. Malang) / Dewi Muthmainah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan kolaborasi pembelajaran kooperatif model fan-n-pick dengan role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada standar kompetensi melakukan negosiasi (studi pada siswa kelas X Pemasaran di SMK Kosgoro 1 Lawang Kab. Malang) / Dewi Muthmainah

Muthmainah, Dewi (2013) Penerapan kolaborasi pembelajaran kooperatif model fan-n-pick dengan role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada standar kompetensi melakukan negosiasi (studi pada siswa kelas X Pemasaran di SMK Kosgoro 1 Lawang Kab. Malang) / Dewi Muthmainah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Muthmainah Dewi. 2013. Penerapan Kolaborasi Pembelajaran Kooperatif Model Fan-N-Pick dengan Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Melakukan Negosiasi (Studi Pada Siswa Kelas X Pemasaran SMK Kosgoro 1 Lawang Kab. Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmiko R W.W M.A. M.Si. (2) Drs. Gatot Isnani M.Si. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Fan-N-Pick Role Playing Hasil belajar Melakukan Negosiasi 12288 12288 12288 12288 Sistem pendidikan sampai saat ini merupakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada sekolah-sekolah sebagai penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya yang cenderung teaching-oriented dalam proses belajar mengajar sehingga diperlukan strategi atau model pembelajaran yang menyenangkan dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru adalah mampu menguasai materi dan memilih model pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui penerapan kolaborasi pembelajaran kooperatif model Fan-N-Pick dengan Role Playing 2) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran kolaborasi model Fan-N-Pick dengan Role Playing 3) mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya pembelajaran kolaborasi model Fan-N-Pick dengan Role Playing. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di SMK Kosgoro 1 Lawang pada siswa kelas X Pemasaran dengan standar kompetensi Melakukan Negosiasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi 1) test 2) pengamatan 3) catatan lapangan 4) angket 5) wawancara dan 6) dokumentasi. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Penerapan kolaborasi pembelajaran kooperatif model Fan-N-Pick dengan Role Playing pada Standar Kompetensi Melakukan Negosiasi di kelas X PMS SMK Kosgoro 1 Lawang berjalan dengan lancar 2) Siswa memberikan respon dengan baik terhadap penerapan kolaborasi pembelajaran kooperatif model Fan-N-Pick dengan Role Playing. Menurut mereka metode ini berbeda dan lebih menyenangkan dibanding metode yang biasa digunakan yaitu ceramah tanya jawab dan pemberian tugas. 3) Penerapan kolaborasi pembelajaran kooperatif model Fan-N-Pick dengan Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Standar Kompetensi Melakukan Negosiasi di kelas X PMS SMK Kosgoro 1 Lawang. Hal ini terbukti dengan meningkatnya rata-rata nilai post test siswa yang mana pada siklus I hanya 80 dan pada siklus II menjadi 87 33. Hasil belajar ranah afektif juga mengalami peningkatan yaitu 63 97% pada siklus I menjadi 75% pada siklus II. 12288 12288 12288 12288 Saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu 1) pada saat pelaksanaan pembelajaran dengan kolaborasi pembelajaran kooperatif model Fan-N-Pick dengan Role Playing hendaknya lebih bisa memotivasi siswa memberi pengarahan pada siswa agar siswa lebih percaya diri sehingga diharapkan berdampak pada hasil belajar siswa yang lebih baik. 2) bagi siswa diharapkan pada saat pembelajaran kolaborasi model Fan-N-Pick dengan Role Playing perlu meningkatkan keaktifan bertanya maupun berpendapat agar lebih memahami materi dan membuat suasana di dalam kelas menjadi lebih hidup. 3) bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian tentang kolaborasi pembelajaran kooperatif model Fan-N-Pick dengan Role Playing yang lebih kreatif dan inovatif pada standar kompetensi yang sama atau berbeda yang sesuai dengan karakteristik model pembelajaran dan hendaknya lebih memperhatikan tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan agar siswa dapat memainkan peran dengan baik sehingga diperoleh hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27818

Actions (login required)

View Item View Item