Kustriana, Citra Dewi (2013) Penerapan model Question Student Have (QSH) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada standar kompetensi melaksanakan komunikasi bisnis (studi pada siswa kelas X TPM 1 di SMK Ahmad Yani Jabung Kab. Malang) / Citra Dewi Kustriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Penerapan Model Question Student Have Motivasi Belajar Hasil Belajar Salah satu model pembelajaran aktif yang dapat digunakan yakni model Question Student Have yang berupa beberapa pertanyaan untuk menggali sejauh mana pengetahuan siswa terhadap materi yang diajarkan oleh guru. Model Question Student Have mewajibkan siswa menulis sebuah pertanyaan di kartu yang akan diputarkan kepada setiap teman untuk mendapatkan tanda setuju apabila pertanyaan tersebut diajukan dalam kelas. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah penerapan model Question Student Have pada kelas X TPM 1 SMK Ahmad Yani Jabung Kab. Malang pada Standar Kompetensi Melaksanakan Komunikasi Bisnis (2) Apakah penerapan model Question Student Have dapat meningkatkan motivasi siswa pada Standar Kompetensi Melaksanakan Komunikasi Bisnis di kelas X TPM 1 SMK Ahmad Yani Jabung Kab. Malang (3) Apakah penerapan model Question Student Have dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Standar Kompetensi Melaksanakan Komunikasi Bisnis di kelas X TPM 1 SMK Ahmad Yani Jabung Kab. Malang (4)Apa sajakah kendala-kendala yang dihadapi dalam menerapkan model Question Student Have pada Standar Kompetensi Melaksanakan Komunikasi Bisnis pada X TPM 1 SMK Ahmad Yani Jabung Kab. Malang . Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek Penelitian ini yaitu siswa X TPM 1 SMK Ahmad Yani Jabung Kabupaten Malang yang berjumlah 27 yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2012/2013 dengan tahap penelitian (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi di setiap siklusnya. Instrumen yang digunakan adalah soal post test pedoman observasi guru dalam melaksanakan model lembar angket motivasi lembar catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran aktif dengan model Question Student Have telah dilaksanakan dengan lancar dalam 2 siklus yang masing-masing siklusnya dilaksanakan selama 2 kali pertemuan. Peningkatan keberhasilan guru dalam melaksanakan model meningkat dari 88 46% pada siklus I menjadi 96 15% pada siklus II (2) Pembelajaran aktif dengan model Question Student Have dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan persentase skor total sebesar 83 40%. Meningkat menjadi 88 38% pada siklus II. (3) Pembelajaran aktif dengan model Question Student Have dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognititf. Peningkatan hasil belajar ini ditunjukkan dari Nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan dari nilai guru sebesar 71 85 dan pada siklus I meningkat menjadi 74 25 dan menjadi 79 07 pada siklus II. Daya serap klasikal juga meningkat nilai guru sebesar 48 14% menjadi 55 55% pada siklus I dan meningkat pada siklus II sebesar 77 77%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Pembelajaran aktif model Question Student Have dilaksanakan selama 2 siklus dengan 4 kali pertemuan (2) melalui Pembelajaran aktif model Question Student Have dapat meningkatkan motivasi belajar siswa (3) melalui Pembelajaran aktif model Question Student Have dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran yang dapat disampaikan yaitu (1) Bagi kepala Sekolah SMK Ahmad Yani Jabung untuk menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung efektifitas pembelajaran berupa pengadaan buku penunjang seperti LKS atau buku paket. (2) Bagi Guru Standar Kompetensi Melaksanakan Komunikasi Bisnis hendaknya model Question Student have dapat dijadikan alternatif pilihan dalam praktik pembelajaran karena dengan adanya model ini guru bisa tahu mengenai kesulitan siswa. (3) Bagi peneliti selanjutnya Disarankan untuk melakukan penelitian tentang model Question Student Have yang lebih kreatif dan inovatif pada standar kompetensi yang sama atau lainnya yang sesuai dengan tetap mempertimbangkan beberapa hal diantaranya yaitu materi/pokok bahasan kondisi siswa fasilitas media yang tersedia dan kemampuan guru dan lebih memperhatikan penggunaan waktu agar dapat berjalan baik sesuai dengan RPP.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27815 |
Actions (login required)
View Item |