Pelaksanaan lesson study dengan model pembelajaran two stay two stray untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha (studi kasus pada siswa kelas X Tataniaga SMK PGRI Turen) / Wahyu Tama Kris - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan lesson study dengan model pembelajaran two stay two stray untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha (studi kasus pada siswa kelas X Tataniaga SMK PGRI Turen) / Wahyu Tama Kris

Kristariyanti, Wahyu Tama (2013) Pelaksanaan lesson study dengan model pembelajaran two stay two stray untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha (studi kasus pada siswa kelas X Tataniaga SMK PGRI Turen) / Wahyu Tama Kris. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kristariyanti Wahyu Tama. 2013. Pelaksanaan Lesson Study Dengan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan KeaktifanDan Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Mengaktualisasikan Sikap Dan Perilaku Wirausaha (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X Tataniaga SMK PGRI Turen). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wening Patmi R SPd MM (II) Dr. Suwarni MSi Kata Kunci Lesson Study Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Keaktifan hasil belajar siswa. Pembelajaran merupakan suatu proses yang terdiri dari serangkaian keaktifan yaitu mulai dari persiapan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Ketiga hal tersebut merupakan rangkaian utuh yang tidak dapat dipisah-pisahkan. Persiapan belajar mengajar tidak hanya dilakukan oleh guru siswa pun juga harus memiliki kesiapan untuk belajar. Kesiapan siswa baik fisik maupun mental juga merupakan hal penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaanLesson Study dengan menggunakan model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Peneliti menerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dikarenakan dengan model pembelajaran ini setiap siswa dituntut aktif dalam berdiskusi tanya jawab mencari jawaban menjelaskan dan menyimak informasi dari teman.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan pendekatan Kualitatif karena data yang diperoleh dinyatakan bersifat deskriptif. Dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pada penelitian ini digunakan 2 siklus. Hasil penelitian ini adalah (1) Lesson Study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru. Lesson Study dapat digunakan dengan model-model pembelajaran yang sesuai dengan penggunaaan Lesson Study ini guru dibantu oleh Observer Lesson Study yang bertugas untuk mengobservasi kegiatan siswa selama pembelajaran berlangsung. (2) siklus I diperoleh hasil rata-rata prosentase semua kelompok yaitu 63 09% dengan nilai huruf C rata-rata prosentase keberhasilan tindakan aktivitas kelompok pada siklus I ini masih 80% sehingga keberhasilan tindakan tercapai. (3) Dilihat dari ranah kognitif rata-rata nilai pre test siswa adalah 65 17 sedangkan post test siswa adalah 77 2. Sedangkan pada siklus II nilai pre test siswa sebesar 72 41 dan post test siswa sebesar 85 17. Dilihat dari ranah Afektif Siklus I rata-rata prosentase keberhasilan semua siswa adalah 68 02% sedangkan siklus II rata-rata prosentase keberhasilan semua siswa adalah 84 72% Adapun saran yang diberikan peneliti dari penelitian yang telah dilakukan ini adalah agar kepala sekolah dapat menyosialisasikankegiatan Lesson Study dengan model pembelajaran kepada guru di SMK PGRI Turen agar guru-guru disekolah lebih mengenal kegiatan Lesson Study agar dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27803

Actions (login required)

View Item View Item