Penerapan pembelajaran kooperatif model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Pemasaran pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Wisnuwardhana Malang) / Maya Rosyidatul Kha - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Pemasaran pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Wisnuwardhana Malang) / Maya Rosyidatul Kha

Khamida, Maya Rosyidatul (2013) Penerapan pembelajaran kooperatif model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Pemasaran pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Wisnuwardhana Malang) / Maya Rosyidatul Kha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Khamida Maya Rosyidatul. 2013. Penerapan Pembelajaran Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Pemasaran Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK Wisnuwardhana Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W M.A. M.Si (2) Dr. Suwarni M.Si Kata kunci Pembelajaran Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Hasil belajar Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran yang berkaitan dengan proses diskusi dalam kelas adalah Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) memberi kesempatan kepada siswa untuk berfikir aktif bekerjasama dalam kelompok mulai dari mengidentifikasi latar belakang kejadian permasalahan yang muncul usaha yang dilakukan menyiapkan laporan akhir serta mempresentasikan laporan. Adapun tujuan penelitian ini mendeskripsikan penerapan pembelajaran model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) hasil belajar siswa setelah penerapan model CIRC serta kendala yang dihadapi dan solusi pemecahan yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Pemasaran Wisnuwardhana Malang yang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan dilihat dari aktifitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung pada siklus I diperoleh persentase 78 12% sedangkan pada siklus II diperoleh persentase 89 84% termasuk dalam kategori A yang berarti Sangat Baik . Sedangkan hasil belajar ranah kogitif yang sebelumnya rendah dimana nilai rata-rata kelas 67 45% dengan terdapat 16 siswa yang tidak tuntas dalam belajar kemudian setelah penerapan model CIRC nilai rata-rata kelas meningkat pada siklus I sebesar 72 87% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa dan siklus II bertambah naik menjadi 84 9% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi guru SMK Wisnuwardhana Malang pembelajaran kooperatif model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat digunakan sebagai alternatif pilihan dalam praktik pembelajaran guru perlu menyediakan hand out/buku sebagai penunjang karya guru serta guru sangat dibutuhkan untuk memberi pengarahan pada siswa agar siswa lebih percaya diri sehingga diharapkan berdampak pada hasil belajar siswa yang lebih baik (2) Bagi siswa pada saat pembelajaran perlu meningkatkan keaktifan bertanya maupun berpendapat agar lebih memahami materi dan membuat suasana di dalam kelas menjadi lebih hidup (3) Bagi peneliti berikutnya disarankan untuk melakukan penelitian tentang pembelajaran model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yang lebih kreatif dan inovatif serta dalam pelaksanaan tindakan hendaknya lebih memperhatikan mengelola waktu/meminimize penggunaan waktu agar lebih efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27802

Actions (login required)

View Item View Item