Penerapan pembelajaran kooperatif model problem solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Kayu pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK N 2 Trenggalek) / Randang Almas Hanifi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model problem solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Kayu pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK N 2 Trenggalek) / Randang Almas Hanifi

Hanifi, Randang Almas (2013) Penerapan pembelajaran kooperatif model problem solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Kayu pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK N 2 Trenggalek) / Randang Almas Hanifi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hanifi R. A. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Problem Solving Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kontruksi Kayu pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK N 2 Trenggalek) . Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga FE. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Heri Pratikto M.Si . (II) Dr. Sopiah M.Pd M.M . Kata kunci Pembelajaran kooperatif model problem solving hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran kooperatif memang tepat jika diterpkan dalam kelas yang heterogen karena dapat menimbulkan suasana belajar yang kondusif yaitu dengan saling berinteraksinya antar siswa dalam proses belajar mengajar. Salah satu model yang termasuk dalam pembelajaran kooperatif adalah model Problem Solving ( pemecahan masalah) yaitu seorang peserta didik dihadapkan pada suatu masalah yang pada akhirnya mereka bukan hanya sekedar memecahkan masalah tetapi juga belajar sesuatu yang baru. Banyak hal yang akan diperoleh peserta didik apabila dalam proses pembelajaran menggunakan model Problem Solving siswa akan mengetahui secara langsung jenis-jenis permasalahan yang terjadi didalam lingkungan masyarakat sosial politik ekonomi maupun sosial budaya. Hasil pengamatan di kelas X program Keahlian Kontruksi Kayu SMK N 2 Trenggalek dengan mata pelajraran Kewirausahaan ditemukan hasil belajar siswa ranah kogitif tergolong rendah. Berdasarkan hasil ulangan harian siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 8805 75 sebanyak 14 siswa sedangkan sisanya yaitu 18 siswa dikatakan belum tuntas belajar. 12288 12288 12288 12288 Adapun tujuan penelitian ini mendeskripsikan penerapan pembelajaran model Problem Solving hasil belajar siswa setelah penerapan model Problem Solving serta kendala yang dihadapi dan solusi pemecahan yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas X program Keahlian Kontruksi Kayu SMK N 2 Trenggalek sebanyak 32 siswa. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan dilihat dari tindakan guru pada siklus I memperoleh presentase 85 71% sedangkan pada siklus II memperoleh presentase 90 47% kedua siklus masuk dalam kategori A yang berarti Sangat Baik . Hasil belajar ranah kogitif yang sebelumnya rendah dimana nilai rata-rata kelas 74 40% dengan terdapat 11 siswa yang tidak tuntas dalam belajar kemudian setelah penerapan model Problem Solving nilai rata-rata kelas meningkat pada siklus I sebesar 65 62% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa dan siklus II bertambah naik menjadi 87 50% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 28 siswa. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini menyarankan 1) Bagi guru mata diklat Kewirausahaan di SMKN N 2 Trenggalek dianjurkan menerapkan Model Pembelajaran Problem Solving pada mata diklat kewirausahaan karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa 2) Bagi siswa pada saat pembelajaran model Problem Solving perlu meningkatkan keaktifan bertanya maupun berpendapat agar lebih memahami materi dan membuat suasana di dalam kelas menjadi lebih hidup (3) Bagi peneliti berikutnya diharapkan untuk melakukan penelitian dengan menggunakan pembelajaran kooperatif dengan model yang sama pada mata pelajaran yang sama/beda namun dalam tempat yang berbeda untuk mengembangkan dan menerapkan pembelajaran kooperatif model Problem Solving.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27801

Actions (login required)

View Item View Item