Penerapan metode SQ3R untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar (Studi pada siswa kelas X Program Keahlian Pemasaran di SMK Wisnuwardhana Malang) / Nenci Oktafia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode SQ3R untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar (Studi pada siswa kelas X Program Keahlian Pemasaran di SMK Wisnuwardhana Malang) / Nenci Oktafia

Oktafia, Nenci (2013) Penerapan metode SQ3R untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar (Studi pada siswa kelas X Program Keahlian Pemasaran di SMK Wisnuwardhana Malang) / Nenci Oktafia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Metode SQ3R Motivasi Hasil belajar Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK Wisnuwardhana Malang khususnya kelas X program keahlian pemasaran pada standar kompetensi menerapkan keselamatan kesehatan kerja dan lingkungan hidup (K3LH) diperoleh hasil bahwa motivasi belajar siswa kurang hal ini terlihat bahwa kebanyakan siswa pasif dan banyak diam hal ini disebabkan karena timbulnya rasa malu kurang berani untuk bertanya dan menjawab pertanyaan maupun mengungkapkan pendapat. Faktor lain yang juga menyebabkan rendahnya motivasi siswa untuk belajar yaitu adanya anggapan dari siswa bahwa mata pelajaran K3LH adalah mata pelajaran yang membosankan karena sebagian besar materinya adalah hafalan. Hal tersebut berakibat pada rendahnya hasil belajar dimana dari 24 siswa terdapat 15 siswa belum tuntas belajar sedangkan 9 siswa lainnya tuntas belajar. Hal ini dapat terlihat dari nilai rata-rata kelas pada mata pelajaran K3LH adalah 67 42 yang belum memenuhi Standart Ketuntasan Minimal (SKM) K3LH yaitu 75 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 37 5%. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi..Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode SQ3R motivasi dan hasil belajar pada standar kompetensi Menerapkan Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) setelah penerapan metode SQ3R. subyek penelitiannya adalah siswa kelas X program keahlian Pemasaran SMK Wisnuwardhana Malang sebanyak 24 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti dan observer metode SQ3R berhasil diterapkan karena dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi siswa setelah penerapan metode SQ3R terlihat cukup meningkat dari hasil angket pada siklus I memiliki nilai rata-rata 80 73% sedangkan pada siklus II naik menjadi 82 45%. Sedangkan hasil belajar ranah kognitif yang sebelumnya rendah dimana nilai rata-rata kelas 67 42% dengan terdapat 15 siswa yang tidak tuntas belajar kemudian setelah penerapan metode SQ3R nilai rata-rata kelas meningkat pada siklus I sebesar 73 58% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa dan siklus II bertambah naik menjadi 85 67% dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 21 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi guru SMK Wisnuwardhana Malang hendaknya menerapkan metode SQ3R dalam pembelajaran agar siswa lebih efektif dan efisien dalam membaca materi iii pelajaran serta guru harus selalu memberikan motivasi kepada siswa misalnya dengan pemberian hadiah bagi siswa yang mendapatkan nilai terbaik (2) Bagi siswa pada saat pembelajaran perlu meningkatkan motivasinya dengan cara selalu berpikir positif bahwa setiap ilmu yang didapat pasti akan bermanfaat bagi kehidupan (3) Bagi peneliti berikutnya disarankan untuk melakukan penelitian tentang metode SQ3R yang lebih kreatif dan inovatif pada standar kompetensi yang sama atau yang lainnya yang dalam penggunaannya harus disesuaikan dengan materi/pokok bahasan tujuan pembelajaran yang diinginkan kondisi siswa fasilitas media yang tersedia dan kondisi guru. Selain itu hendaknya dalam pelaksanaan tindakan peniliti lain bisa lebih memperhatikan penggunaan waktu agar penelitian dapat berjalan baik sesuai rencana karena dalam penelitian ini ditemukan fakta bahwa pada pelaksanaan siklus I alokasi waktu yang digunakan tidak sesuai dengan alokasi waktu yang dibuat pada RPP yang dikarenakan siswa belum terbiasa dengan metode SQ3R sehingga siswa masih bingung dengan langkah kerja metode SQ3R. cara untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan memberikan langkah kerja SQ3R kepada masing-masing siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27790

Actions (login required)

View Item View Item