Farell, Nathanael Joe (2021) Pemakaian kantong belanja plastik LDPE sebagai bahan tambah pada campuran aspal beton lapis aus ditinjau dari Parameter Marshall / Nathanael Joe Farell. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sampah plastik menjadi permasalahan lingkungan yang cukup serius yang sedang dihadapi dengan kondisi pandemi saat ini membuat pemakaian plastik menjadi meningkat sehingga sampah plastik juga meningkat dengan didominasi jenis plastik HDPE maupun LDPE. Disisi lain juga semakin meningkatnya kebutuhan konstruksi dalam bidang jalan raya sebagai jalan penghubung daerah satu ke daerah yang lainnya maka harus disesuaikan dengan peningkatan kualitas mutu perkerasan aspal yang baik. Maka dari itu dengan melakukan penggunaan limbah plastik yang ada juga dapat menyelesaikan mengenai permasalahan mengenai kondisi jalan yang sering rusak akibat nilai stabilitas pada konstruksi yang masih rendah karena intensitas atau volume kendaraan yang melewatinya cukup padat. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mendeskripsikan KAO (Kadar Aspal Optimum) dari hasil penelitian pada campuran aspal beton lapis aus sebelum ditambahkan kantong belanja plastik LDPE (Low Density Polyethylene). Sehingga dapat menemukan kadar aspal optimum yang dipakai nantinya untuk pembuatan benda uji dengan bahan tambah. Penelitian ini juga dilakukan untuk mendeskripsikan Parameter Marshall pada campuran aspal beton lapis aus setelah ditambahkan kantong belanja plastik LDPE (Low Density Polyethylene). Didapatkan nilai untuk kadar aspal optimum sebesar 6% dimana dari hasil pengujian untuk nilai Stabilitas MQ flow VIM VMA dan VFA memenuhi standar dari spesifikasi Bina Marga 2018. Hasil penelitian untuk penambahan plastik LDPE dalam campuran dengan cara kering menunjukkan bahwa (1) Nilai stabilitas dan MQ akan mengalami adanya peningkatan hingga mencapai titik tertinggi lalu menurun kembali seiring bertambahnya kadar aspal. Nilai flow VMA dan VFA mengalami peningkatan seiring bertambahnya kadar aspal. VIM akan mengalami adanya penurunan seiring bertambahnya kadar aspal. Berdasarkan data pengujian yang didasarkan pada spesifikasi Bina Marga 2018 nilai Kadar Aspal Optimum (KAO) yang didapat adalah sebesar 6%. (2) Nilai stabilitas dan MQ akan mengalami peningkatan pada penambahan kadar plastik 2% dan akan mengalami penurunan pada kadar 4% hingga 8% hingga mengalami penurunan dibawah standar. Nilai Flow dan VFA akan mengalami peningkatan seiring bertambahnya kadar plastik. Nilai VIM dan VMA akan mengalami penurunan seiring ditambahkannya kadar plastik pada campuran. Berdasarkan data dari parameter marshall campuran maka didapat campuran optimum plastik LDPE sebesar 3% yang didasarkan pada spesifikasi campuran aspal beton dengan aspal modifikasi Bina Marga 2015.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > D3 Teknik Sipil dan Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/272525 |
Actions (login required)
View Item |