Nisa, Mega Silvia Khoirun (2021) Penerapan Strategi Value Proposition Design (VPD) guna memperluas pangsa pasar pada PT. Sumber Makmur Surya Perkasa / Mega Silvia Khoirun Nisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan ekonomi dalam segala bidang seperti sosial politik dan teknologi mengakibatkan adanya persaingan dalam dunia usaha dan menuntut perusahaan untuk melakukan ekspansi pasar baru. Manajemen strategi dibutuhkan untuk mencapai ekspansi yang efektif dan efisien. Value Proposition Design (VPD) merupakan salah satu bentuk manajemen strategi untuk memudahkan penyusunan proposisi bisnis di pasar baru. PT. Sumber Makmur Surya Perkasa sebagai salah satu perusahaan distributor besi dan baja yang menerapkan strategi VPD dalam usaha ekspansinya dari tingkat dua menuju ke proses pertimbangan pasar baru penjualan selanjutnya di wilayah baru. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui proses perencanaan strategi VPD dari PT. SMS Perkasa guna menentukan wilayah pasar baru penjualan serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat pada saat terjadi masalah selama melaksanakan perencanaan VPD. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 hari kerja lapangan untuk memperoleh data interview dan survey responden kemudian dilakukan rekapitulasi dan analisa yang dibutuhkan untuk pembuatan strategi pemasaran dalam bentuk VPD. Beberapa faktor pendukung yang didapat yaitu kesigapan tim marketing dalam bekerja sikap responsif dan solutif dalam menyelesaikan masalah selama penerapan VPD dilakukan. Faktor penghambat antara lain minimnya pengetahuan tentang VPD dan ketidaksediaan beberapa pemilik toko bangunan dalam memberikan informasi bisnis sehingga terdapat kesulitan dalam memperoleh dan memproses data. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan VPD terbukti sangat membantu memudahkan dalam mencari nilau proposisi bisnis karena adanya penyesuaian terhadap kebutuhan dan keinginan pelanggan. Agar lebih efektif dan efisien lagi disarankan agar tim sales executive lebih meningkatkan kunjungan berkala pada retail kecil karena hampir 90% pemilik toko bangunan menyatakan merasa dimudahkan dalam bertransaksi dengan supplier jika sales perusahaan mengunjungi toko secara berkala. Kontrol berkala dari perusahaan juga dibutuhkan agar data terus diperbaharui dan lebih valid dalam menunjang peningkatan kinerja. Penggunaan digital marketing dapat membantu perolehan segmen pasar secara lebih luas baik perorangan maupun kontraktor sehingga data yang diperoleh dapat membantu pencapaian ekspansi bisnis dengan menentukan wilayah pasar baru penjualan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > D3 Manajemen Pemasaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/272061 |
Actions (login required)
View Item |