Pengaruh kepemimpinan digital Kepala Sekolah terhadap praktik Reflektif Guru Vokasi dimediasi oleh kepercayaan, efikasi diri dan keterlibatan kerja / Rini Agustina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kepemimpinan digital Kepala Sekolah terhadap praktik Reflektif Guru Vokasi dimediasi oleh kepercayaan, efikasi diri dan keterlibatan kerja / Rini Agustina

Agustina, Rini (2021) Pengaruh kepemimpinan digital Kepala Sekolah terhadap praktik Reflektif Guru Vokasi dimediasi oleh kepercayaan, efikasi diri dan keterlibatan kerja / Rini Agustina. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan digital kepala sekolah terhadap praktik refleksi guru SMK yang dimediasi oleh variabel kepercayaan efikasi diri dan keterlibatan kerja. Penelitian ini menggunakan analisis jalur dengan pemodelan menggunakan SEM (AMOS). Sampel penelitian ini adalah 637 (N 340 perempuan dan N 297 laki-laki) guru SMK se-Malang Raya Jawa Timur Indonesia. Peneliti menggunakan teknik purposive random sampling untuk memenuhi tujuan penelitian ini. Peneliti menggunakan 86 item kuesioner untuk mengumpulkan data tentang variabel yang diteliti. Berdasarkan estimasi model fit terdapat hubungan langsung dan tidak langsung antara kelima variabel yang digunakan. Variabel kepercayaan efikasi diri dan keterlibatan kerja memberikan kontribusi yang signifikan terhadap variabel intervening. Dapat disimpulkan bahwa variabel moderasi memperkuat kerangka hubungan antara kepemimpinan digital dan praktik reflektif guru. Hubungan baru yang terbentuk merupakan kontribusi langsung kepemimpinan digital terhadap keterlibatan kerja dengan besaran 0 120 dan hubungan langsung yang dibuat antara kepemimpinan digital dan praktik reflektif guru sebesar 0 168. Hubungan ini berdampak positif pada tindakan guru. Hasil ini menunjukkan bahwa guru mengapresiasi kepemimpinan Kepala Sekolah yang sama-sama mendukung memfasilitasi proses pembelajaran dalam menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran. Apalagi guru merasa termotivasi dan bersemangat untuk merefleksikan pembelajarannya karena pemimpinnya yang memiliki karakter digital. Guru menilai pemimpin dengan kepribadian digital lebih terbuka dan cenderung membebaskan mereka untuk mengelola kelas.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S3 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271938

Actions (login required)

View Item View Item