Ariyani, Linda Fauziyah (2022) Efektivitas students community dalam membangun daya adaptasi dan menumbuhkan inisiatif belajar / Linda Fauziyah Ariyani. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ariyani Linda Fauziyah. 2022. Efektivitas Students Community Dalam Membangun Daya Adaptasi dan Menumbuhkan Inisiatif Belajar. Disertasi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sri Umi Mintarti Widjaja S.E. M.P. Ak. (II) Prof. Dr. Hari Wahyono M.Pd. (III) Dr. H. Agung Haryono S.E. M.P. Ak. Kata Kunci Efektivitas Students Community Daya Adaptasi Inisiatif Belajar Dunia kerja yang senantiasa dinamis membuat calon tenaga kerja terus dihadapkan dengan tuntutan yang semakin tinggi. Lembaga pendidikan dengan segala problematikanya masih dianggap belum mampu memenuhi kebutuhan dunia kerja. Kemampuan adaptasi menjadi salah satu alternatif solusi agar calon tenaga kerja siap memasuki dia kerja. Dengan dibekali kemampuan inisiatif belajar yang tinggi calon tenaga kerja akan lebih mudah dalam meningkatkan kapasitas dirinya dan belajar sepanjang hayat lebih mudah diwujudkan bagi setiap masyarakat. Students Community merupakan wadah pendidikan berbasis pendidikan non formal yang memberi keleluasaan dalam pembelajaran tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) implementasi Students Community dalam membangun daya adaptasi peserta didik 2) Implementasi Students Community dalam menumbuhkan kemandirian dan inisiatif belajar peserta didik dan 3) efektifitas Students Community dalam membangun daya adaptasi dan menumbuhkan kemandirian dan inisiatif belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan variabel ganda dengan subjek penelitian peserta usia 16-25 tahun sebanyak 15 peserta dari berbagai sekolah yang berbeda di wilayah Kota Balikpapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu test dan non test (observasi wawancara dan catatan lapangan). Analisisi data mengunakan Uji Paired T Test pada Software IBM ndash SPSS 26.0 untuk mengetahui efektifitas tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui Students Community mampu menumbuhkan daya adaptasi dan inisiatif belajar peserta didik. Terdapat perubahan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test pengukuran daya adaptasi dan inisiatif belajar peserta. Kegiatan ini perlu dikembangkan diantaranya dengan membangun Students Community di sekolah-sekolah memperluas jaringan stakeholder yang dilibatkan dalam kegiatan pemagangan serta memperluas bidang kompetensi yang dipelajari dalam Students Community.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S3 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/271924 |
Actions (login required)
View Item |