Azizah, Zsa Zsa Nur (2022) Pengaruh kepemimpinan visioner, iklim sekolah, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMKN di Kota Malang / Zsa Zsa Nur Azizah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Azizah Zsa Zsa Nur. 2022. Pengaruh Kepemimpinan Visioner Iklim Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMKN di Kota Malang. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. A. Yusuf Sobri S. Sos. M.Pd (II) Prof. Dr. Imron Arifin M.Pd. Kata kunci Kepemimpinan visioner iklim sekolah motivasi kerja kinerja guru Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menjadi wadah bagi para peserta didik untuk memperoleh pendidikan. Mengelola sebuah lembaga pendidikan dibutuhkan sosok kepala sekolah yang berkualitas untuk menyelaraskan semua program sekolah sebagaimana yang tercantum dalam visi kelembagaannya. Kepemimpinan visioner kepala sekolah salah satunya ditandai oleh kemampuan pemimpin dalam membuat perencanaan yang jelas sehingga dari rumusan visinya tersebut akan tergambar sasaran yang hendak dicapai dari pengembangan lembaga yang dipimpinnya. Kinerja guru merupakan syarat guru dalam mendemonstrasikan keterampilan kemampuan serta produktivitas kinerja mereka. Faktor lain seperti iklim sekolah dan motivasi kerja menjadi perhatian utama dalam mengoptimalkan kinerja guru. Iklim sekolah juga mempunyai peran penting dalam meningkatkan kinerja guru. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kinerja guru SMKN di Kota Malang (2) mendeskripsikan kepemimpinan visioner kepala sekolah SMKN di Kota Malang (3) mendeskripsikan iklim sekolah SMKN di Kota Malang (4) mendeskripsikan motivasi kerja SMKN di Kota Malang (5) mengetahui pengaruh kepemimpinan visioner terhadap kinerja guru SMKN di Kota Malang (6) mengetahui pengaruh iklim sekolah terhadap kinerja guru SMKN di Kota Malang (7) mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru SMKN di Kota Malang dan (8) mengetahui pengaruh kepemimpinan visioner iklim sekolah motivasi kerja terhadap kinerja guru SMKN di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif dan regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah 11 SMKN di Kota Malang. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 1065 guru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling sehingga jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah berjumlah 291 guru SMKN di Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa tahap mulai dari persiapan pelaksanaan pengumpulan pengolahan dan pelaporan. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif dan regresi berganda. Hasil dari penelitian ini (1) kepala sekolah SMKN di Kota Malang memiliki kepemimpinan visioner yang sangat baik (2) guru SMKN di Kota Malang memiliki iklim sekolah yang baik (3) Guru SMKN di Kota Malang memiliki motivasi kerja yang baik (4) Guru SMKN di Kota Malang memiliki kinerja yang baik (5) Terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan visioner terhadap kinerja guru (6) Terdapat pengaruh yang signifikan iklim sekolah terhadap kinerja guru (7) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru (8) Terdapat hubungan signifikan kepemimpinan visioner kepala sekolah iklim sekolah motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru. Hal ini dibuktikan dengan nilai P value dari masing-masing variabel sebesar 0 000 yang bernilai kurang dari 0 05. Adanya kepemimpinan visioner iklim sekolah dan motivasi kerja yang kondusif mempengaruhi peningkatan kinerja guru SMKN di Kota Malang. Saran penelitian ini (1) Bagi Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Cabang Malang-Batu dapat mengevaluasi serta membimbing kepala sekolah dalam kepemimpinannya sehingga kinerja guru dan kualitas pendidikan khususnya jenjang SMK bisa meningkat (2) Bagi Kepala SMKN di Kota Malang dapat mempertahankan dan meningkatkan kepemimpinan visionernya (3) Bagi Guru SMKN di Kota Malang dapat meningkatkan motivasi kerja dan kinerjanya agar pembelajaran disekolah dapat berjalan secara efektif dan efisien (4) Bagi Koordinator Program Studi Manajemen Pendidikan hasil penelitian ini dapat memberikan tambahan informasi mengenai urgensi pemahaman manajemen pendidikan bagi lulusan manajemen pendidikan (5) Bagi Peneliti Lain hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan sebagai tambahan refrensi untuk penyempurnaan penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 04:29 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 02:21 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/271672 |
Actions (login required)
View Item |