Erdiantoro, Rizki Erdiantoro (2021) Pengembangan panduan komunikasi efektif berbasis neuro linguistic programming dalam bimbingan klasikal bagi guru bk smp / Rizki Erdiantoro. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hambatan dalam berkomunikasi pada bimbingan klasikal bagi siswa SMP menjadi kendala guru BK dalam menyampaikan informasi yang bersifat pencegahan maupun pengembangan diri. Hambatan komunikasi dapat disebabkan oleh perbedaan penafsiran maupun belum terciptanya hubungan sosial yang baik. Kendala komunikasi ini mampu menimbulkan konflik dan masalah dalam mencerna informasi perintah ataupun pertanyaan pada sesi bimbingan klasikal. Untuk meningkatkan keterampilan komunikasi guru BK SMP maka diperlukan kualifikasi komunikasi efektif dari Tubbs dan Moss yang terdiri dari aspek pemahaman yang serupa situasi menyenangkan mampu mempengaruhi sikap meningkatkan hubungan sosial yang baik dan pada akhirnya menimbulkan suatu tindakan. Oleh karena itu peneliti berfokus pada komunikasi efektif sebagai suatu hal yang perlu dilatihkan dan dibuat menjadi sebuah panduan pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan komunikasi efektif berbasis neuro linguistic programming dalam bimbingan klasikal bagi guru BK SMP. Selain itu riset ini bermaksud menguji standar akseptabilitas panduan komunikasi efektif berbasis neuro linguistic programming dalam bimbingan klasikal bagi guru BK SMP dari segi ketepatan kegunaan dan kelayakan melalui uji ahli dan calon pengguna. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall (1983) yang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan ketebatasan peniliti dilapangan yakni terdiri dari enam tahapan antara lain. 1) Studi pendahuluan 2) perencanaan 3) pembuatan produk 4) uji coba produk 5) revisi produk dan 6) prototype 1 (buku panduan). Studi lapangan dilakukan pada 114 guru BK SMP menggunakan instrumen skala komunikasi efektif. Uji coba produk dinilai oleh ahli neuro linguistic programming ahli bimbingan dan konseling dan calon pengguna untuk memvalidasi aspek kegunaan kelayakan dan ketepatan panduan pengembangan. Teknik analisis menggunakan percentage of agreement model yang dikembangkan oleh Grinelle (1988) untuk mengetahui nilai kesepakatan ahli terhadap produk panduan. Berdasarkan validasi dari ahli neuro linguistic programming materi terkait NLP dalam panduan telah memenuhi unsur akseptabilitas atau keberterimaan pada aspek ketepatan. Hasil penilaian dari kedua ahli BK dan dua calon pengguna menyatakan bahwa panduan komunikasi efektif berbasis neuro linguistic programming dalam bimbingan klasikal bagi guru BK SMP telah memenuhi unsur keberterimaan pada aspek kegunaan kelayakan dan ketepatan. Unsur keberterimaan dilihat dari koefeisien penilaian kedua calon pengguna pada aspek kegunaan kelayakan dan ketepatan panduan sebesar 1. Hasil koefisien tersebut jika mengacu pada Guilford (dalam Gregory 2015) masuk dalam rentang 0 80 lt rxy le 1 00 yang dapat dikategorikan memiliki validitas kesepakatan sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar (1) Guru BK SMP menggunakan panduan komunikasi efektif ini agar dapat meningkatkan kualitas layanan bimbingan klasikal pada siswa (2) Peneliti yang berminat dengan topik keterampilan komunikasi maupun bimbingan klasikal dapat menuntaskan penelitian hingga tahap diseminasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jul 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/271531 |
Actions (login required)
View Item |