Aridya, Fahryan Gemilang Aridya (2022) Pengembangan media video cotoon pada pembelajaran geografi kelas x / Fahryan Gemilang Aridya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Media pembelajaran yang baik dapat menyampaikan pesan pembelajaran dengan tepat. Salah satu media pembelajaran yang efektif digunakan dalam proses pembelajaran di kelas yaitu menggunakan media berbasis audio visual seperti video. Media pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini yaitu media berjenis video CoToon. Computerized Tectonics Animation (CoToon) merupakan video pembelajaran animasi yang memuat materi Tektonisme. Tujuan utama penelitian ini untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang mampu mendukung kegiatan pembelajaran melalui perantara (daring) ataupun secara tatap muka dengan efektif dan efisien. Peneliti menggunakan metode RnD atau penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan ASSURE. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa CoToon memperoleh skor 83% yang berada pada kualifikasi sangat valid. Hal ini menunjukkan bahwa CoToon layak dijadikan media belajar pada Bab Dinamika Litosfer Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan khususnya pada sub bab Tektonisme. Kelebihan CoToon yaitu dapat diakses menggunakan perangkat apapun memiliki kualitas video yang jernih dan hanya membutuhkan ruang penyimpanan yang kecil. Media CoToon dapat digunakan dalam proses pembelajaran Geografi pada materi Litosfer khususnya membahas sub bab Tektonisme.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Nov 2022 04:29 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 07:26 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/270957 |
Actions (login required)
View Item |