Agustin, Wilda Nur (2022) Pengembangan video pembelajaran berbasis adobe premiere pro materi pencampuran warna menggunakan teknik aquarelle untuk siswa kelas x Tata Busana SMK Negeri 1 Batu / WILDA NUR AGUSTIN. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Agustin Wilda Nur. 2022. Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Adobe Premiere Pro Materi Pencampuran Warna Menggunakan Teknik Aquarelle Untuk Siswa Kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Batu. Skripsi. Departemen Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Endang Prahastuti M.Pd. (II) Dra. Idah Hadijah M.Pd Kata Kunci Video Pembelajaran Adobe Premiere Pro Pencampuran Warna Teknik Aquarelle Kegiatan belajar dengan menggunakan video merupakan bentuk inovasi dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas belajar kepada peserta didik. Video pembelajaran adalah salah satu bahan ajar yang memiliki bentuk soft file yang memiliki beberapa media meliputi teks audio gambar bergerak beserta animasi yang sudah tersusun secara sistematis dan menarik. Penggunaan Adobe Premiere Pro sebagai aplikasi pendukung terbentuknya video pembelajaran sebagai pelengkap bahan ajar yang dapat diakses secara dan offline. Penggunaan video pembelajaran harus didukung dengan prasarana alat elektronik seperti smartphone android komputer laptop dan lainnya. Adobe Premiere Pro merupakan aplikasi editing yang terus dikembangkan oleh Adobe Systems yang juga mempunyai bagian seperti sebuah suite desain grafis Adobe Premiere Pro ini mendukung pengelolaan yang cepat berbagai efek video dan audio mendukung format file tambahan dan menyediakan sekitar 12 efek audio dan 45 efek video yang mampu mengubah motif tampilan juga menganimasikan klip video dan audio. Pencampuran warna merupakan salah satu materi yang terdapat dalam mata pelajaran dasar desain. Kegiatan belajar meliputi mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang warna pada desain hingga membuat lingkaran warna. Model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapannya yaitu Analysis Design Development Implementation dan Evaluation digunakan dalam penelitian pengembangan ini. Kelebihan model ini adalah mudah untuk ditekuni dan memiliki 5 rangkaian tahapan sederhana apabila dibandingkan dengan pola desain lainnya yang terstruktur dan dapat dipelajari dengan mudah bagi para pendidik Hasil penelitian pengembangan berupa produk media pembelajaran Video Pembelajaran Berbasis Adobe Premiere Pro Materi Pencampuran Warna Menggunakan Teknik Aquarelle Untuk Siswa Kelas X Tata Busana Smk Negeri 1 Batu yang telah dinyatakan layak dan dapat digunakan pada proses belajar mengajar oleh ahli media dan ahli materi serta uji coba kelompok kecil. Dari hasil kesimpulan data uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 87% dari total 30 responden yang menyatakan video pembelajaran sangat layak dan 13% dari total 30 responden yang menyatakan bahwa video pembelajaran layak digunakan dalam proses pembelajaran materi Pencampuran Warna.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 02:16 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/269887 |
Actions (login required)
View Item |