Akbar, Baliyah Ahmad Fathoni Ali (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis cai bermuatan problem solving untuk memberikan pemahaman konsep mapel teknik pemrograman mikroprosesor dan mikrokontroler di SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk / Baliyah Ahmad Fathoni Ali Akbar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pemahaman konsep merupakan keahlian memahami pengetahuan suatu materi atau objek yang dipelajari seseorang mengintegrasikan ilmu baru dengan ilmu yang dimiliki seseorang dan mampu menjabarkan informasi dengan pengetahuan terikat memakai kalimatnya sendiri berdasarkan ide yang diperoleh untuk mengelompokkan objek yang dinyatakan dalam suatu istilah. Berdasarkan observasi di SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk pada pembelajaran Teknik Pemrograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler pembelajaran dan media yang digunakan masih terbatas dan kurang bervariatif. Keterbatasan ini membuat ketertarikan siswa terhadap kegiatan pembelajaran mengalami penurunan. Media pembelajaran sebagai alat bantu diharapkan dapat memberikan pengalaman konkret mengkomunikasikan materi dengan baik menarik dan siswa mudah memahami konsep yang dimuat dengan baik. Pengembangan media pembelajaran Teknik Pemrograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler diperlukan sebagai alternatif mengatasi permasalahan tersebut. Berikut tujuan penelitian dan pengembangan 1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis CAI bermuatan problem solving 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis CAI bermuatan problem solving 3) Mengukur pemahaman konsep siswa. ADDIE merupakan model pengembangan yang digunakan. Langkah-langkah dari pengembangan ini adalah 1) Analisis 2) Desain 3) Pengembangan 4) Implementasi 5) Evaluasi. Pengembangan media pembelajaran berbasis CAI bermuatan problem solving memperoleh hasil 96 05% dalam kategori ldquo Sangat Layak rdquo pada aspek materi. Aspek media memperoleh hasil 82 81% dalam kategori ldquo Sangat Layak rdquo . Uji coba kelompok kecil memperoleh hasil 94 61% dalam kategori ldquo Sangat Layak rdquo . Pengukuran pemahaman konsep siswa yang dinyatakan paham konsep sebesar 38 77% paham konsep kurang yakin 21 73% miskonsepsi 17 04% dan tidak tahu konsep 21 48%. Media pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa cocok digunakan dalam pembelajaran Teknik Pemrograman Mikroprosesor dan Mikrokontroler
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 04:29 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 02:20 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/269691 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |